RPP BAHASA ARAB KELAS 8 SMT GENAP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 4


Nama Sekolah/Madrasah   :     MTs Salafiyah
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Arab
Kelas/SMT                         :     VIII / Genap
Tahun Ajaran                     :      2016/2017
Pertemuan Ke                    :
Alokasi Waktu                   :           Jam Pelajaran

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.1   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :المهنة  
baik secara lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
المهنة  dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


C.    INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1.1.      Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
2.1.1.      Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan mengungkapkan sesuai fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran.
3.1.1.      Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan jumlah fi’liyah
dengan benar
3.1.2.      Memahami  makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran kata terkait topik   المهنة  
3.1.3.      Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran kata sederhana terkait topik المهنة
4.1.1 Menghafalkan  makna kalimat sesuai dengan unsure kaidah jumlah fi’liyah terkait  
           topik   المهنة  
4.1.2        Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur jumlah fi’liyah tentang topik المهنة
    
D.    MATERI PEMBELAJARAN
-   Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
-   Pemberian motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
-   Bacaan tentang topik
-        المهنة  
-   Pengenalan tarkib sebagai berikut:
فعل ا لمضارع -  أن - -فعل مضارع    

E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  (3 Jam Pelajaran)
a.      Kegiatan Awal (15 Menit)
·      Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·      Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.      Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·      Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·      Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengamati :
·      Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·      Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·      Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·      Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·      Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
·      Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik “profesi  
·      Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan terkait topik “profesi  ”.
·      Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara terkait topik “profesi  ”.
·      Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru terkait topik “profesi  ”secara lisan.
c.       Kegiatan Penutup ( 15 menit )
·      Guru memberikan penguatan materi ajar.
·      Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya.
·      Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada pertemuan selanjutnya..
·         Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis

Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran)
a.       Kegiatan Awal (15 Menit)
·           Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·           Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.      Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·      Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·      Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .
                 Mengeksplorasi:
·           Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film terkait topik “profesi  ”.
·           Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’
·           Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·           Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
·           Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
c.       Kegiatan Penutup (15 Menit)
·           Guru memberikan penguatan materi ajar.
·           Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·           Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·           Guru memberikan penguatan materi ajar.
·           Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·           Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·           Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis.
Pertemuan Ketiga (3 Jam Pelajaran)
a.      Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·           Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·           Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.      Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·           Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·           Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengasosiasikan:
·           Membandingkan antara kalimat “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”terkait topik “profesi  ”.
·           Menemukan makna kata dalam teks terkait topik “profesi  
·           Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik “profesi dan olahragawan”
·           Membedakan penggunakan kata “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·           Mencari informasi umum terkait topik “profesi  ”dari suatu wacana lisan/tulisan.
·           Menemukan makna kata dalam teks terkait topik “profesi  
·           Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik “profesi  


Mengkomunikasikan
·           Siswa menceritakan kembali isi wacana dengan menggunakan sturktur kalimat yang telah dipelajari
c.       Kegiatan Penutup (15 Menit)
·         Guru memberikan penguatan materi ajar.
·         Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya.
·         Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada pertemuan selanjutnya..
·         Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis

Pertemuan  Keempat (3 Jam Pelajaran)
a.       Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·           Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·           Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.      Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·           Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·           Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengkomunikasikan:
·           Mengungkapkan perintah dan berita terkait topik “profesi  
·           Menyampaikan isi wacana tulis terkait topik “profesi  ”secara lisan atau tulisan.
·           Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
·           Menyusun karangan sederhana terkait topik “profesi dan olahragawan” sesuai kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
·           Menyampaikan isi wacana terkait topik “profesi  ” secara lisan maupun tulisan.
·           Menghafal kosa kata baru terkait topik “profesi  
c.       Kegiatan Penutup (10 Menit)
·           Guru memberikan penguatan materi ajar.
·           Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·           Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·           Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis


H. Penilaian
Teknik Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek

1. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Dengan teknik Observasi
Indkator:
Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
         
No
Nama Siswa
Aspek Observasi
Total Skor
1

1
2
3

2





3












Keterangan Aspek Pengamatan:
1.      Menganggukkan kepala saat ditanya ‘apakah bahasa Arab  anugerah Allah”.
2.      Mendengarkan dengan khidmad ketika diungkapkan bahasa Arab di hadapannya.
3.      Menanggapi ketika mendengar ungkapan berbahasa Arab.

Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)

2. Instrumen Penilaian Sikap Sosial Dengan Teknik Penilaian Diri
Indikator:
Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan mengungkapkan sesuai fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran
                    
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Diri
Total Skor
1

1
2

2




3










Keterangan Rubrik:
1.      Saya  ingin tahu ungkapan-ungkapan tentang alamat dalam bahasa arab
2.      Saya merasa senang ketika mengetahui ungkapan berbahasa arab sesuai dengan kaidah yang saya pelajari.
Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)

3. Penilaian Tes Tulis
Indikator :
-          Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan jumlah ismiyah dengan benar
-          Memahami  makna kalimat sesuai dengan unsure kaidah jumlah ismiyah dari ujaran kata terkait topik
-          Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah ismiyah dari ujaran kata sederhana terkait topik
Instrumen Penilaian Tes Uraian

No.
RubrikPenilaian
Skor
1.
a.       Jika peserta didik dapat menunjukan kalimat tentang profesi dengan  ungkapan bahasa Arab yang sesuai dengan kaidah  .
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan ungkapan bahasa Arab tentang profesi yang sesuai dengan kaidah  .

2.


3.


4.


5.


Jumlah



4. Instrumen Penilaian Praktek
Indkator:
o   Menghafalkan  makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor terkait topik
o   Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor
Butir Soal:    Ungkapkan kembali bacaan yang telah anda pelajari didepan kelas dengan menggunakan redaksi bahasa sendiri
                                                                                                                              
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Rata-rata Nilai
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas
Penguasaan materi
Kejelasan bahasa



















Skor penilaian sebagai berikut:
a.       4 Jika baik sekali
b.       3 Jika baik
c.        2 Jika cukup
d.       1 Jika kurang
F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Papan Tulis, Spidol dan benda-benda di lingkugan peserta didik
2.      Sumber Pembelajaran
-     Buku Siswa bahasa Arab kelas VIII Kemenag
-     Internet / CD
-     Lcd Proyektor
G.    Pengayaan dan Remedial
1) Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Baik berupa gambar yang menceritakan topik, atau guru membuat insya tentang
Guru diharapkan mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
2) Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, hendaknya mendapatkan penjelasan kembali terkait materi topik :
Guru melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan           
Mengetahui
Kepala Madrasah


Hj. ELY UTHFIYAH,S.Ag
NIP :196710052000032005

Slarang Kidul, 18 Juli  2016
Guru Bidang Studi


ARIF YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP : 197510152005011002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 4


Nama Sekolah/Madrasah   :     MTs Salafiyah
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Arab
Kelas/SMT                         :     VIII / Genap
Tahun Ajaran                     :      2016/2017
Pertemuan Ke                    :
Alokasi Waktu                   :           Jam Pelajaran

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.1   Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :اللاعبون الرياضيون
baik secara lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
اللاعبون الرياضيون     dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


C.    INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1.2.      Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
2.1.2.      Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan mengungkapkan sesuai fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran.
3.1.4.      Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan jumlah fi’liyah
dengan benar
3.1.5.      Memahami  makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran kata terkait topik
  اللاعبون الرياضيون
3.1.6.      Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran kata sederhana terkait topik
  اللاعبون الرياضيون
4.1.1.      Menghafalkan  makna kalimat sesuai dengan unsure kaidah jumlah fi’liyah terkait topik اللاعبون الرياضيون
4.1.2.      Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur jumlah fi’liyah tentang topik   اللاعبون الرياضيون
D.    MATERI PEMBELAJARAN
-   Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
-   Pemberian motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
-   Bacaan tentang topik
-   اللاعبون الرياضيون
-   Pengenalan tarkib sebagai berikut:
فعل ا لمضارع   أن- لن- ل  

E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  (3 Jam Pelajaran)
a.      Kegiatan Awal (15 Menit)
·      Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·      Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian

b.      Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·      Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·      Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengamati :
·      Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·      Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·      Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·      Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·      Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
·      Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik “  olahragawan”
·      Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan terkait topik “  olahragawan”.
·      Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara terkait topik “  olahragawan”.
·      Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru terkait topik “  olahragawan”secara lisan.
c.       Kegiatan Penutup ( 15 menit )
·      Guru memberikan penguatan materi ajar.
·      Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya.
·      Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada pertemuan selanjutnya..
·         Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis

Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran)
d.      Kegiatan Awal (15 Menit)
·           Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·           Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
e.       Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·      Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·      Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .

                 Mengeksplorasi:
·           Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film terkait topik “  olahragawan”.
·           Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
·           Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·           Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
·           Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
f.       Kegiatan Penutup (15 Menit)
·           Guru memberikan penguatan materi ajar.
·           Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·           Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·           Guru memberikan penguatan materi ajar.
·           Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·           Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·           Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis.

Pertemuan Ketiga (3 Jam Pelajaran)

d.      Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·           Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·           Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
e.       Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·           Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·           Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengasosiasikan:
·           Membandingkan antara kalimat “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”terkait topik “profesi dan olahragawan”.
·           Menemukan makna kata dalam teks terkait topik “  olahragawan”
·           Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik “  olahragawan”
·           Membedakan penggunakan kata “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·           Mencari informasi umum terkait topik “  olahragawan”dari suatu wacana lisan/tulisan.
·           Menemukan makna kata dalam teks terkait topik “  olahragawan”
·           Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik “  olahragawan”.
Mengkomunikasikan
·           Siswa menceritakan kembali isi wacana dengan menggunakan sturktur kalimat yang telah dipelajari
f.       Kegiatan Penutup (15 Menit)
·         Guru memberikan penguatan materi ajar.
·         Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan selanjutnya.
·         Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada pertemuan selanjutnya..
·         Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis

Pertemuan  Keempat (3 Jam Pelajaran)
d.      Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·           Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
·           Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
e.       Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·           Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·           Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengkomunikasikan:
·           Mengungkapkan perintah dan berita terkait topik “  olahragawan”
·           Menyampaikan isi wacana tulis terkait topik “  olahragawan”secara lisan atau tulisan.
·           Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
·           Menyusun karangan sederhana terkait topik “  olahragawan” sesuai kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
·           Menyampaikan isi wacana terkait topik “profesi dan olahragawan” secara lisan maupun tulisan.
·           Menghafal kosa kata baru terkait topik “  olahragawan”
f.       Kegiatan Penutup (10 Menit)
·           Guru memberikan penguatan materi ajar.
·           Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·           Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·           Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
H. Penilaian
Teknik Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek

1. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Dengan teknik Observasi
Indkator:
Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
         
No
Nama Siswa
Aspek Observasi
Total Skor
1

1
2
3

2





3












Keterangan Aspek Pengamatan:
1.      Menganggukkan kepala saat ditanya ‘apakah bahasa Arab  anugerah Allah”.
2.      Mendengarkan dengan khidmad ketika diungkapkan bahasa Arab di hadapannya.
3.      Menanggapi ketika mendengar ungkapan berbahasa Arab.

Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)

2. Instrumen Penilaian Sikap Sosial Dengan Teknik Penilaian Diri
Indikator:
Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan mengungkapkan sesuai fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran
                    
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Diri
Total Skor
1

1
2

2




3










Keterangan Rubrik:
3.      Saya  ingin tahu ungkapan-ungkapan tentang alamat dalam bahasa arab
4.      Saya merasa senang ketika mengetahui ungkapan berbahasa arab sesuai dengan kaidah yang saya pelajari.
Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)

3. Penilaian Tes Tulis
Indikator :
-          Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan jumlah ismiyah dengan benar
-          Memahami  makna kalimat sesuai dengan unsure kaidah jumlah ismiyah dari ujaran kata terkait topik
-          Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah ismiyah dari ujaran kata sederhana terkait topik
Instrumen Penilaian Tes Uraian

No.
RubrikPenilaian
Skor
1.
a.       Peserta didik dapat mengungkapkan macam macam jenis olahraga
b.      Peserta didik dapat menuliskan ungkapan bahasa Arab yang sesuai dengan kaidah  فعل مضارع –ان – لن -ل

8
2.


3.


4.


5.


Jumlah




4. Instrumen Penilaian Praktek
Indkator:
o   Menghafalkan  makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor terkait topik
o   Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor
Butir Soal:    Ungkapkan kembali bacaan yang telah anda pelajari didepan kelas dengan menggunakan redaksi bahasa sendiri
                                                                                                                              
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Rata-rata Nilai
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas
Penguasaan materi
Kejelasan bahasa



















Skor penilaian sebagai berikut:
e.        4 Jika baik sekali
f.        3 Jika baik
g.        2 Jika cukup
h.       1 Jika kurang
F.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
3.      Media
Papan Tulis, Spidol dan benda-benda di lingkugan peserta didik
4.      Sumber Pembelajaran
-     Buku Siswa bahasa Arab kelas VIII Kemenag
-     Internet / CD
-     Lcd Proyektor
G.    Pengayaan dan Remedial
1) Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Baik berupa gambar yang menceritakan topik, atau guru membuat insya tentang
Guru diharapkan mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
2) Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, hendaknya mendapatkan penjelasan kembali terkait materi topik :
Guru melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan           


Mengetahui
Kepala Madrasah





Hj. ELY UTHFIYAH,S.Ag
NIP :196710052000032005


Slarang Kidul, 18 Juli  2016
Guru Bidang Studi





ARIF YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP : 197510152005011002




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL BAHASA ARAB KELAS 9 SEMESTER GENAP

SOAL UAS SMT GENAP KLS 8