RPP BAHASA ARAB KELAS 8 SMT GENAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 4
Nama
Sekolah/Madrasah : MTs Salafiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/SMT : VIII / Genap
Tahun Ajaran : 2016/2017
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :المهنة
baik secara lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
المهنة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1.1. Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri
sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
2.1.1.
Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi
dengan mengungkapkan sesuai fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran.
3.1.1. Membedakan
bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan jumlah fi’liyah
dengan
benar
3.1.2. Memahami makna kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran kata terkait topik المهنة
3.1.3.
Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran kata sederhana terkait topik المهنة
4.1.1 Menghafalkan makna kalimat sesuai dengan unsure kaidah jumlah fi’liyah terkait
topik المهنة
4.1.2
Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur jumlah fi’liyah tentang topik المهنة
D.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan
percaya diri
- Pemberian motivasi peserta didik untuk
jujur dan percaya diri
- Bacaan tentang
topik
-
المهنة
- Pengenalan
tarkib sebagai berikut:
فعل ا لمضارع - أن - -فعل مضارع
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 Jam Pelajaran)
a.
Kegiatan Awal (15
Menit)
· Mengajak semua
siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
· Mengajak semua
siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
· Guru
menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.
Kegiatan Inti (90
Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan
pengucapan ujaran dengan tepat
·
Mendengarkan kata-kata
yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil
memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar
dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang
terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab
sederhana tentang tema/topik “profesi
·
Menjawab pertanyaan
dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan terkait topik “profesi ”.
·
Menjawab pertanyaan
lisan yang diajukan lawan bicara terkait topik “profesi ”.
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman
atau guru terkait topik “profesi ”secara lisan.
c.
Kegiatan Penutup ( 15 menit )
· Guru memberikan penguatan materi ajar.
· Guru
menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan pertemuan
selanjutnya.
· Guru menyampaikan tentang proses
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya..
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
Pertemuan Kedua
(2 Jam Pelajaran)
a.
Kegiatan Awal (15 Menit)
·
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang
kelas
·
Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.
Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kalimat
sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film terkait topik
“profesi ”.
·
Merangkaikan kata
menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’
·
Menyusun kata, dan
kalimat sederhana sesuai kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·
Melafalkan kalimat
sesuai dengan yang diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan
dan memahami kata yang menggunakan kaidah “huruf yang menashabkan fiil
mudlari’”.
c.
Kegiatan Penutup (15 Menit)
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·
Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·
Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis.
Pertemuan
Ketiga (3 Jam Pelajaran)
a.
Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang
kelas
·
Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.
Kegiatan Inti (90
Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengasosiasikan:
·
Membandingkan antara
kalimat “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”terkait topik “profesi ”.
·
Menemukan makna kata
dalam teks terkait topik “profesi ”
·
Menyimpulkan isi wacana
lisan maupun tulisan terkait topik “profesi dan olahragawan”
·
Membedakan penggunakan
kata “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·
Mencari informasi umum
terkait topik “profesi ”dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata
dalam teks terkait topik “profesi ”
·
Menyimpulkan isi wacana
lisan maupun tulisan terkait topik “profesi ‘
Mengkomunikasikan
·
Siswa menceritakan kembali isi wacana dengan
menggunakan sturktur kalimat yang telah dipelajari
c.
Kegiatan Penutup (15
Menit)
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk
persiapan pertemuan selanjutnya.
·
Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya..
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
Pertemuan Keempat (3 Jam Pelajaran)
a.
Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang
kelas
·
Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.
Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengkomunikasikan:
·
Mengungkapkan perintah
dan berita terkait topik “profesi ”
·
Menyampaikan isi wacana
tulis terkait topik “profesi ”secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang
tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil
mudlari’”.
·
Menyusun karangan
sederhana terkait topik “profesi dan olahragawan” sesuai kaidah “huruf yang
menashabkan fiil mudlari’”.
·
Menyampaikan isi wacana
terkait topik “profesi ” secara lisan maupun tulisan.
·
Menghafal kosa kata baru
terkait topik “profesi ”
c.
Kegiatan Penutup (10 Menit)
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·
Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
H. Penilaian
Teknik
Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek
1. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Dengan teknik Observasi
Indkator:
Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri
sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Observasi
|
Total Skor
|
||
1
|
1
|
2
|
3
|
||
2
|
|||||
3
|
|||||
Keterangan Aspek Pengamatan:
1.
Menganggukkan kepala saat ditanya ‘apakah bahasa Arab anugerah Allah”.
2.
Mendengarkan dengan khidmad ketika diungkapkan bahasa Arab di
hadapannya.
3.
Menanggapi ketika mendengar ungkapan berbahasa Arab.
Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika
kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)
2. Instrumen Penilaian Sikap Sosial Dengan Teknik Penilaian Diri
Indikator:
Menunjukkan
prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan mengungkapkan sesuai
fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian Diri
|
Total Skor
|
|
1
|
1
|
2
|
||
2
|
||||
3
|
||||
Keterangan Rubrik:
1.
Saya ingin tahu ungkapan-ungkapan tentang alamat dalam bahasa arab
2.
Saya merasa
senang ketika mengetahui ungkapan berbahasa arab sesuai dengan kaidah yang saya
pelajari.
Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika
kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)
3. Penilaian Tes Tulis
Indikator :
-
Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan
unsur kebahasaan jumlah ismiyah dengan benar
-
Memahami makna kalimat
sesuai dengan unsure kaidah jumlah ismiyah dari ujaran kata terkait topik
-
Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah ismiyah
dari ujaran kata sederhana terkait topik
Instrumen Penilaian Tes Uraian
No.
|
RubrikPenilaian
|
Skor
|
1.
|
a.
Jika peserta didik dapat menunjukan kalimat tentang profesi dengan ungkapan bahasa Arab yang
sesuai dengan kaidah .
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan ungkapan bahasa Arab tentang profesi yang sesuai dengan kaidah .
|
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
Jumlah
|
4. Instrumen Penilaian Praktek
Indkator:
o
Menghafalkan makna kalimat
sesuai dengan unsur kaidah khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor terkait topik
o
Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur
khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor
Butir Soal: Ungkapkan kembali bacaan yang telah anda
pelajari didepan kelas dengan menggunakan redaksi bahasa sendiri
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Rata-rata Nilai
|
||
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas
|
Penguasaan materi
|
Kejelasan bahasa
|
|||
Skor penilaian sebagai berikut:
a. 4 Jika baik
sekali
b. 3 Jika baik
c.
2 Jika cukup
d. 1 Jika kurang
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Papan Tulis,
Spidol dan benda-benda
di lingkugan peserta didik
2.
Sumber Pembelajaran
-
Buku Siswa bahasa Arab kelas VIII Kemenag
-
Internet / CD
-
Lcd Proyektor
G.
Pengayaan dan Remedial
1) Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran diminta
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Baik berupa gambar yang
menceritakan topik, atau guru membuat insya tentang
Guru diharapkan mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan.
2) Remedial
Peserta
didik yang belum menguasai materi pembelajaran, hendaknya mendapatkan
penjelasan kembali terkait materi topik :
Guru
melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan
remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan
Mengetahui
Kepala Madrasah
Hj. ELY UTHFIYAH,S.Ag
NIP :196710052000032005
|
Slarang Kidul, 18 Juli 2016
Guru Bidang Studi
ARIF YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP : 197510152005011002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 4
Nama Sekolah/Madrasah : MTs
Salafiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/SMT : VIII / Genap
Tahun Ajaran : 2016/2017
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa
Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik :اللاعبون
الرياضيون
baik secara lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan
informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
اللاعبون
الرياضيون dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1.2. Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri
sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
2.1.2.
Menunjukkan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi
dengan mengungkapkan sesuai fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran.
3.1.4. Membedakan
bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan unsur kebahasaan jumlah fi’liyah
dengan
benar
3.1.5.
Memahami makna kalimat
sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran
kata terkait topik
اللاعبون
الرياضيون
3.1.6.
Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah fi’liyah dari ujaran kata sederhana terkait topik
اللاعبون
الرياضيون
4.1.1.
Menghafalkan makna kalimat
sesuai dengan unsure kaidah jumlah fi’liyah terkait topik اللاعبون
الرياضيون
4.1.2. Mengungkapkan
kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur jumlah fi’liyah tentang topik اللاعبون
الرياضيون
D.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan
percaya diri
- Pemberian motivasi peserta didik untuk
jujur dan percaya diri
- Bacaan tentang
topik
- اللاعبون الرياضيون
- Pengenalan
tarkib sebagai berikut:
فعل ا لمضارع أن-
لن- ل
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 Jam Pelajaran)
a.
Kegiatan Awal (15
Menit)
· Mengajak semua
siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang kelas
· Mengajak semua
siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
· Guru
menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
b.
Kegiatan Inti (90
Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengamati :
·
Menyimak dan menirukan
pengucapan ujaran dengan tepat
·
Mendengarkan kata-kata
yang pengucapannya mirip
·
Menyimak wacana sambil
memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·
Mencocokkan gambar
dengan apa yang didengar.
·
Mengamati teks yang
terdapat jumlah ismiyah
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab
sederhana tentang tema/topik “ olahragawan”
·
Menjawab pertanyaan
dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan terkait topik “
olahragawan”.
·
Menjawab pertanyaan
lisan yang diajukan lawan bicara terkait topik “
olahragawan”.
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman
atau guru terkait topik “ olahragawan”secara lisan.
c.
Kegiatan Penutup ( 15 menit )
· Guru memberikan penguatan materi ajar.
· Guru
menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk persiapan
pertemuan selanjutnya.
· Guru menyampaikan tentang proses
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya..
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
Pertemuan Kedua
(2 Jam Pelajaran)
d.
Kegiatan Awal (15 Menit)
·
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang
kelas
·
Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
e.
Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengeksplorasi:
·
Melafalkan kalimat
sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film terkait
topik “ olahragawan”.
·
Merangkaikan kata
menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”.
·
Menyusun kata, dan
kalimat sederhana sesuai kaidah “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·
Melafalkan kalimat
sesuai dengan yang diperdengarkan.
·
Mencoba mengungkapkan
dan memahami kata yang menggunakan kaidah “huruf yang menashabkan fiil
mudlari’”.
f.
Kegiatan Penutup (15 Menit)
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·
Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·
Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis.
Pertemuan
Ketiga (3 Jam Pelajaran)
d.
Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang
kelas
·
Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
e.
Kegiatan Inti (90
Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengasosiasikan:
·
Membandingkan antara
kalimat “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”terkait topik “profesi dan
olahragawan”.
·
Menemukan makna kata
dalam teks terkait topik “ olahragawan”
·
Menyimpulkan isi wacana
lisan maupun tulisan terkait topik “ olahragawan”
·
Membedakan penggunakan
kata “huruf yang menashabkan fiil mudlari’”
·
Mencari informasi umum
terkait topik “ olahragawan”dari suatu wacana lisan/tulisan.
·
Menemukan makna kata
dalam teks terkait topik “ olahragawan”
·
Menyimpulkan isi wacana
lisan maupun tulisan terkait topik “ olahragawan”.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menceritakan kembali isi wacana dengan
menggunakan sturktur kalimat yang telah dipelajari
f.
Kegiatan Penutup (15
Menit)
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik untuk
persiapan pertemuan selanjutnya.
·
Guru menyampaikan tentang proses pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya..
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
Pertemuan Keempat (3 Jam Pelajaran)
d.
Kegiatan Pembuka (15 Menit)
·
Mengajak semua siswa untuk menyiapkan dan mengkondisikan ruang
kelas
·
Mengajak semua siswa untuk memulai pembelajaran dengan do’a bersama
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru menyampaikan sistem, kriteria dan aspek penilaian
e.
Kegiatan Inti (90 Menit)
Afektif:
·
Guru membiasakan peserta
didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan
bahasa Arab
·
Guru memotivasi peserta
didik untuk jujur dan percaya diri .
Mengkomunikasikan:
·
Mengungkapkan perintah
dan berita terkait topik “ olahragawan”
·
Menyampaikan isi wacana
tulis terkait topik “ olahragawan”secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang
tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “huruf yang menashabkan fiil
mudlari’”.
·
Menyusun karangan
sederhana terkait topik “ olahragawan” sesuai kaidah “huruf yang
menashabkan fiil mudlari’”.
·
Menyampaikan isi wacana
terkait topik “profesi dan olahragawan” secara lisan maupun tulisan.
·
Menghafal kosa kata baru
terkait topik “ olahragawan”
f.
Kegiatan Penutup (10 Menit)
·
Guru memberikan penguatan materi ajar.
·
Guru menyampaikan tugas yang dibawa pulang oleh peserta didik.
·
Guru menyampaikan tentang pelajaran yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
H. Penilaian
Teknik
Penilaian
KI-1 Observasi
KI-2 Penilaian Diri
KI-3 Tes Tulis
KI-4 Praktek
1. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Dengan teknik Observasi
Indkator:
Menunjukkan kesadaran bahwa kejujuran dan percaya diri
sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Observasi
|
Total Skor
|
||
1
|
1
|
2
|
3
|
||
2
|
|||||
3
|
|||||
Keterangan Aspek Pengamatan:
1.
Menganggukkan kepala saat ditanya ‘apakah bahasa Arab anugerah Allah”.
2.
Mendengarkan dengan khidmad ketika diungkapkan bahasa Arab di
hadapannya.
3.
Menanggapi ketika mendengar ungkapan berbahasa Arab.
Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika
kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)
2. Instrumen Penilaian Sikap Sosial Dengan Teknik Penilaian Diri
Indikator:
Menunjukkan
prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan mengungkapkan sesuai
fakta dan tidak ragu melakukan kebenaran
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian Diri
|
Total Skor
|
|
1
|
1
|
2
|
||
2
|
||||
3
|
||||
Keterangan Rubrik:
3.
Saya ingin tahu ungkapan-ungkapan tentang alamat dalam bahasa arab
4.
Saya merasa
senang ketika mengetahui ungkapan berbahasa arab sesuai dengan kaidah yang saya
pelajari.
Keterangan Rubrikasi:
(skor 4 jika selalu, skor 3 jika sering, skor 2 jika
kadang-kadang, dan skor 1 jika tidak pernah)
3. Penilaian Tes Tulis
Indikator :
-
Membedakan bunyi dan makna kalimat ungkapan sederhana sesuai dengan
unsur kebahasaan jumlah ismiyah dengan benar
-
Memahami makna kalimat
sesuai dengan unsure kaidah jumlah ismiyah dari ujaran kata terkait topik
-
Mengidentifikasi kalimat sesuai dengan unsur kaidah jumlah ismiyah
dari ujaran kata sederhana terkait topik
Instrumen Penilaian Tes Uraian
No.
|
RubrikPenilaian
|
Skor
|
1.
|
a.
Peserta didik dapat mengungkapkan macam macam jenis
olahraga
b.
Peserta didik dapat menuliskan ungkapan bahasa Arab
yang sesuai dengan kaidah فعل مضارع –ان – لن -ل
|
8
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
Jumlah
|
4. Instrumen Penilaian Praktek
Indkator:
o
Menghafalkan makna kalimat
sesuai dengan unsur kaidah khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor terkait topik
o
Mengungkapkan kalimat dengan lisan dan tulisan sesuai dengan unsur
khobar muqoddam dan mubtada’ muakhor
Butir Soal: Ungkapkan kembali bacaan yang telah anda
pelajari didepan kelas dengan menggunakan redaksi bahasa sendiri
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Rata-rata Nilai
|
||
Kesungguhan dalam mengerjakan tugas
|
Penguasaan materi
|
Kejelasan bahasa
|
|||
Skor penilaian sebagai berikut:
e.
4 Jika baik sekali
f.
3 Jika baik
g.
2 Jika cukup
h. 1 Jika kurang
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
3.
Media
Papan Tulis,
Spidol dan benda-benda
di lingkugan peserta didik
4.
Sumber Pembelajaran
-
Buku Siswa bahasa Arab kelas VIII Kemenag
-
Internet / CD
-
Lcd Proyektor
G.
Pengayaan dan Remedial
1) Pengayaan
Peserta didik yang telah menguasai materi pembelajaran diminta
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Baik berupa gambar yang
menceritakan topik, atau guru membuat insya tentang
Guru diharapkan mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan.
2) Remedial
Peserta
didik yang belum menguasai materi pembelajaran, hendaknya mendapatkan
penjelasan kembali terkait materi topik :
Guru
melakukan penilaian kembali dengan kegiatan tadribat yang sejenis. Pelaksanaan
remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan
Mengetahui
Kepala Madrasah
Hj. ELY UTHFIYAH,S.Ag
NIP :196710052000032005
|
Slarang Kidul, 18 Juli 2016
Guru Bidang Studi
ARIF YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP : 197510152005011002
|
TOP CIKGU..
BalasHapusMantap
BalasHapus