RPP BHS ARAB KLS 9 SMT GENAP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
Mata
Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester : IX/II
Materi : Mendengar (الاستماع) tentang جمال الطبيعة
Pertemuan
Ke : …
Alokasi
Waktu : ……………… (tema per bab)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : جمال
الطبيعة baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab
yang berkaitan dengan:
جمال
الطبيعة
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
جمال
الطبيعة
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menkomunikasikan tentang
tema:
جمال الطبيعة siswa dapat
:
1.
Mengulangi yang diperdengarkan dengan makhraj dan
intonasi yang benar yang berkaitan
dengan : جمال الطبيعة
berkaitan dengan : جمال
الطبيعة
2. Membaca
kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab dengan makhraj dan intonasi
yang benar tentang:
جمال الطبيعة
3. Menyebutkan
gambaran umum isi
جمال
الطبيعة
|
1.1.
Melafalkan bunyi kata,
frasa dan tulisan yang diperdengarkan tentang tema:
جمال الطبيعة
2.1
Menunjukkan tulisan
sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
tema:
جمال الطبيعة
3.1 Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa
Arab yang diperdengarkan tentang topik
جمال الطبيعة
3.2.
Menunjukkan gambar
sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
tentang topik
جمال الطبيعة
|
الاستماع مهارة(Keterampilan
mendengar) tentang topik:
جمال الطبيعة
1.
Scientific
Method (metode ilmiah)
2.
Tanya
Jawab
3.
Sam’iyah
Syafawiyah
Tahapan Pembelajaran
|
Deskripsi
Kegiatan Guru dan Siswa
|
Pendahuluan
(15 menit)
|
Kegiatan
Guru
1.
Guru
mengucapkan salam
2. Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
3. Guru mengabsen siswa
4. Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa
dalam belajar
5.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi
yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari
6.
Guru mengantarkan Siswa kepada suatu permasalahan
yang dihadapi kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan
dicapai
7. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang proses
pembelajaran yang akan dilakukan serta
bentuk tes dan tugas selesai pembelajaran yang akan dilaksanakannya.
Siswa dengan khidmat dan santun
1.
Menjawab
salam
2.
Membaca
do’a yang dipimpin oleh ketua kelas
3.
Mendengarkan
guru mengabsen
4.
Merespon
pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari dengan serius
5.
Menyimak
tujuan dan penjelasan materi yang disampaikan guru
|
Kegiatan
Inti
(60
menit)
|
Mengamati
dengan teliti
1. Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang
جمال الطبيعة
2. Siswa menirukan pelafalan kata,
frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
جمال الطبيعة
3. Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks
gambar yang disajikan
Menanya dengan santun
1. Siswa melakukan tanya jawab dengan
menggunakan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab
tentang
جمال الطبيعة
baik secara individu maupun kelompok
2.
Siswa
menanyakan materi tentang
جمال الطبيعة
yang
belum dipahami
Mencoba dengan penuh semangat
1. Siswa melafalkan materi tentang
جمال الطبيعة
2. Siswa menunjukkan gambar atau memperagakan
sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siwa
melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai
gambar
yang disajikan.
Menalar dengan terampil
1.
Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar dengan
bahasa Arab yang tepat
2.
Siswa
menunjukkan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa
dan kalimat yang diperdengarkan.
Mengkomunikasikan dengan percaya diri dan
tanggung jawab.
1.
Siswa
melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai dengan gambar
2.
Siswa
melafalkan kalimat bahasa Arab tentang
gambar beserta artinya.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa
dan kalimat yang diperdengarkan.
|
Penutup
(15 menit)
|
1. Guru meminta siswa mengulangi
kata, frasa dan kalimat tentang
جمال الطبيعة
yang telah diajarkan
2. Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi
pelajaran yang sudah disampaikan
3. Guru meminta siswa agar membiasakan
mengucapkan hal yang terkait dengan topik
materi dalam bahasa Arab.
4. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan
latihan tentang istima’ yang terdapat dalam buku.
5. Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
6. Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah,
do’a dan memberi salam
|
Tugas Terstruktur (30 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
Mengarahkan siswa untuk
fokus pada materi
2.
Memberikan instruksi
kepada siswa untuk siap melakukan tugas terstruktur
3.
Mengarahkan siswa untuk
melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
4.
Mengarahkan siswa untuk
menyilang pilihan yang tepat dari pilihan yang tersedia berupa (kata, frasa
dan kalimat) sesuai yang diperdengarkan
5.
Mengarahkan siswa untuk memperagakan sesuai dengan
bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan
6.
Mengarahkan siswa untuk
menunjukkan gambar sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang
diperdengarkan
|
1.
Memperhatikan arahan
guru
2.
Menyiapkan perlengkapan
latihan sesuai instruksi
3.
Siswa melafalkan bunyi
(kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan.
4.
Memilih jawaban yang
tepat dari pilihan yang tersedia sesuai kata, frasa atau kalimat yang
diperdengarkan oleh guru baik langsung atau tidak langsung (rekaman)
5.
Siswa memperagakan sesuai
dengan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
6.
Siswa
memilih/menunjukkan gambar sesuai
dengan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
|
Tugas Tidak Terstruktur
Membiasakan
mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media
elektronik (radio, TV, Internet dll).
1.
Media : Papan
tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2.
Alat/Bahan : Gambar/tulisan Kertas
3.
Sumber Belajar :
Buku paket, kamus
1. Penilaian
Performansi
2. Penilaian Sikap
a. Penilaian Performansi
Idikator Pembelajaran I
(Melafalkan bunyi kata, frasa dan
kalimat yang diperdengarkan)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Makhraj
|
1- 4
|
|
Makhraj
sudah tepat
|
4
|
|
1
|
Makhraj
cukup tepat
|
3
|
Makkraj
kurang tepat
|
2
|
|
Makhraj
tidak tepat
|
1
|
|
Pelafalan
|
1- 4
|
|
Pelafalan
sudah tepat
|
4
|
|
2
|
Pelafalan
cukup tepat
|
3
|
Pelafalan
kurang tepat
|
2
|
|
Pelafalan
tidak tepat
|
1
|
|
Kelancaran
|
1- 4
|
|
Sangat
lancer
|
4
|
|
3
|
Cukup
lancer
|
3
|
Kurang
lancer
|
2
|
|
Tidak
lancer
|
1
|
|
Skor
Maksimal
|
12
|
|
Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x
100 = ....... x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal 12
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
|
||
Makhraj
|
Pelafalan
|
Kelancaran
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
dst
|
Penilaian Tugas Tidak Terstruktur
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Membiasakan
mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari
media elektronik (radio, TV, Internet dll).
|
1 - 5
|
|
Selalu
|
5
|
|
Sering
|
4
|
|
1
|
Kadang-kadang
|
3
|
Pernah
|
2
|
|
Tidak
Pernah
|
1
|
|
Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x
100 = ....... x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal 5
|
5
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Total
|
Mendengarkan
cerita, berita atau pembicaraan berbahasa Arab
|
|||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
dst
|
b. Penilaian sikap (observasi)
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Pilihan Jawaban
|
SKOR
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
|||
1
|
Antusiasme dalam belajar
|
|||||
2
|
Bertanggung jawab/peduli
|
|||||
3
|
Percaya diri dalam berinteraksi
|
|||||
4
|
Menghargai orang
lain
|
|||||
5
|
Santun
|
|||||
JUMLAH
|
No
|
Keterangan
|
Jumlah
Skor
|
1
|
Baik Sekali/Selalu
|
76-100
|
2
|
Baik / Sering
|
51-75
|
3
|
Kurang/Kadang-kadang
|
26-50
|
4
|
Cukup/Tidak pernah
|
0-25
|
Rentang Skor Sikap
Penskoran
: Nilai = Jumlah skor Jawaban
5
Siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai
dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan
tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan
indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching),
selanjutnya guru melakukan penilaian
kembali dengan indikator soal yang sejenis.
Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa
dan guru.
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar
dan paraf. Cara lainnya dapat
juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi
tentang nilai pengetahuan dan sikap prilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Mengetahui
Kepala
Madrasah
ELY
UTHFIYAH,S.Ag
NIP
:196710052000032005
|
Slarang
Kidul, 18 Juli 2016
Guru
Bidang Studi
ARIF
YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP
: 197510152005011002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester : IX/I
Materi :
Berbicara (الكلام)tentang:
جمال الطبيعة
Pertemuan Ke : …
Alokasi Waktu : ………………….. (tema per bab)
ensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati prilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.
Menunjukkan prilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
prilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1.
Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
جمال
الطبيعة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.
Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
جمال
الطبيعة dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3.
Menyampaikan berbagai
informasi lisan sederhana tentang :
جمال الطبيعة
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar
dan menginformasikan, siswa dapat mendemonstrasikan
ungkapan sederhana, menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan, merespon dan
menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang :
جمال الطبيعة
|
4.1.1
Menirukan contoh ungkapan sederhana
yang mengandung kata tanya dengan jawabannya yang benar.
4.1.2
Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung
kata tanya dan jawabannya dengan benar.
4.1.3
Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang
diprogramkan dengan benar.
4.2.1
Menyatakan, menanya dan
merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
4.2.2
Menyampaikan informasi lisan dengan ungkapan sederhana dengan baik
dan benar
|
مهارة الكلام (Keterampilan
berbicara) tentang topik:
جمال الطبيعة
1.
Scientific Method (metode ilmiah)
2.
Struktural
3.
Eklektik
E
Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Kegiatan Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran
2.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi
yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari
3.
Guru mengantarkan siswa kepada suatu permasalahan
atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
4.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
permasalahan atau tugas.
|
10
|
Inti
|
Kegiatan Ke-1
1.
Guru menyiapkan bahan yang akan diperdengarkan yang
terkait dengan materi.
2.
Siswa diminta untuk mendengarkan/ mengamati rekaman/tanyangan
yang diprogramkan.
3.
Guru memperdengarkan dan/atau memperlihatkan bahan
pembelajaran yaitu contoh tanya jawab dengan jawabannya
4.
Guru memperdengarkan bahan pembelajaran kembali,
kemudian siswa menirukan/melafalkan contoh ungkapan pertanyaan dan jawaban
diperdengarkan dan/atau diperlihatkan secara klasikal, kemudian secara
kelompok/individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dapat diulang lebih
dari satu kali.
Kegiatan Ke-2
5.
Dengan menggunakan alat peraga, berupa
gambar/tulisan di kertas, guru memberikan contoh tanya jawab seperti pada
kegiatan pertama.
6.
Siswa diberikan rangsangan dan kesempatan seluasnya
untuk menanya makna ungkapan
pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan. Untuk mengecek pemahaman
siswa, guru bertanya secara acak kepada siswa.
7.
Siswa mencoba/ melakukan tanya jawab sesuai
dengan ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan, berdasarkan
stimulus yang diberikan guru. Kegiatan ini dilakukan secara kelompok,
kemudian secara individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dilakukan
berulang-ulang.
Kegiatan Ke-3
8.
Guru mengkondisikan siswa. Separuh kelas berdiri
membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar. Separuh kelas lainnya
membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam. Guru
membagikan alat peraga kepada siswa yang berada di lingkaran kecil.
9.
Dua peserta yang berpasangan dari lingkaran kecil
dan besar melakukan tanya jawab seperti pada kegiatan ke-2, dengan ketentuan
siswa yang memegang alat peraga adalah yang bertanya. Kegiatan tanya jawab
ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
10. Kemudian
siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara Siswa yang
berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
11. Selanjutnya,
giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang memegang alat peraga dan
bertanya seperti pada kegiatan ke-2. Demikian seterusnya.
12. Selama
kegiatan ke-3 berlangsung, guru mengamati performan siswa, sesuai dengan
lembar pengamatan.
13. Di
akhir kegiatan, guru memberikan balikan (koreksian mengenai kekeliruan yang
dilakukan oleh Siswa) dan/atau informasi tambahan atau ungkapan-ungkapan lain
dalam suatu dialog pada tema yang diprogramkan.
14. Siswa
memantapkan pemahaman makna kalimat
yang terkandung dalam naskah (Penalaran)
|
50
|
Penutup
|
1.
Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2.
Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
4.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
siswa
5.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
20
|
Tugas Terstruktur (20 menit)
1.
Mendemontrasikan perkelompok sesuai naskah hiwar
(pecakapan) yang terdapat dalam buku pelajaran (Mengkomunikasikan).
2.
Menjawab soal-soal latihan secara lisan yang terdapat
dalam buku pelajaran
Tugas Tidak Terstruktur
Membiasakan
bercakap-cakap dengan teman sekolah di luar kelas dengan menggunakan bahasa
Arab saat berkenalan, membicarakan kondisi sekolah dan tentang warna-warna.
1.
Media : Papan
tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2.
Alat/Bahan : Gambar/tulisan Kertas
3.
Sumber Belajar :
Buku Paket, kamus
1. Penilaian Performansi
2. Penilaian sikap
a. Penilaian Performansi
Indikator Penilaian
(Menirukan
dan melafalkan ungkapan yang mengandung kata tanya dan jawabannya)
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan Pertanyaan dan Pelafalan
|
1 – 4
|
a. Pertanyaan dan pelafalannya sudah sesuai dan tepat
|
4
|
|
b.Pertanyaan dan pelafalannya cukup sesuai dan cukup
tepat
|
3
|
|
c. Pertanyaan dan pelafalannya kurang sesuai dan kurang
tepat
|
2
|
|
d.Pertanyaan dan pelafalannya tidak sesuai dan tidak
tepat
|
1
|
|
2
|
Ketepatan Jawaban dan Pelafalan
|
1 – 4
|
a. Jawaban dan pelafalannya sudah sesuai dan tepat
|
4
|
|
b. Jawaban dan pelafalannya cukup sesuai dan cukup tepat
|
3
|
|
c. Jawaban dan pelafalannya kurang sesuai dan kurang tepat
|
2
|
|
d. Jawaban dan pelafalannya tidak sesuai dan tidak tepat
|
1
|
|
3
|
Ketepatan Makhraj
|
1 – 4
|
a. Makhraj
pelafalan ungkapan sudah sesuai dan tepat
|
4
|
|
b. Makhraj pelafalan ungkapan cukup sesuai dan
cukup tepat
|
3
|
|
c. Makhraj pelafalan ungkapan kurang sesuai dan
kurang tepat
|
2
|
|
d. Makhraj pelafalan ungkapan tidak sesuai dan
tidak tepat
|
1
|
|
4
|
Intonasi
|
1 – 4
|
a. Intonasi sudah baik dan tepat
|
4
|
|
b. Intonasi cukup baik dan cukup tepat
|
3
|
|
c. Intonasi kurang baik dan kurang tepat
|
2
|
|
d. Intonasi sudah baik dan tidak tepat
|
1
|
|
5
|
Ekspresi
|
1 – 4
|
a. Penyampaian ungkapan dengan ekspresif
|
4
|
|
b. Penyampaian ungkapan cukup ekspresif
|
3
|
|
c. Penyampaian ungkapan kurang ekspresif
|
2
|
|
d. Penyampaian ungkapan tidak ekspresif
|
1
|
|
6
|
Kelancaran Ujaran
|
1 – 4
|
a. Penyampaian ungkapan lancar dan jelas
|
4
|
|
b. Penyampaian ungkapan cukup lancar dan cukup jelas
|
3
|
|
c. Penyampaian ungkapan kurang lancar dan kurang jelas
|
2
|
|
d. Penyampaian ungkapan tidak lancar dan tidak jelas
|
1
|
|
Skor Maksimal
|
24
|
Pedoman penskoran :
Nilai Akhir = Jumlah Nilai Perolehan X 100 = ................. X 100 = ..........
Jumlah Skor
Maksimal 24
Penilaian Tugas Tidak Terstruktur
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Membiasakan bercakap-cakap dengan teman di luar kelas
dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan, membicarakan kondisi sekolah
dan tentang warna-warna.
|
1 – 5
|
|
Selalu
|
5
|
|
Sering
|
4
|
|
1
|
Kadang-kadang
|
3
|
Pernah
|
2
|
|
Tidak
Pernah
|
1
|
|
Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x
100 = ....... x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal 5
|
5
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Total
|
Pembiasaan bercakap dengan bahasa Arab di
luar kelas
|
|||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
dst
|
|||
b. Penilaian sikap
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Pilihan Jawaban
|
SKOR
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
|||
1
|
Antusiasme dalam belajar
|
|||||
2
|
Bertanggung jawab/peduli
|
|||||
3
|
Percaya diri dalam berinteraksi
|
|||||
4
|
Menghargai orang
lain
|
|||||
5
|
Santun
|
|||||
JUMLAH
|
Rentang Skor Sikap
No
|
Keterangan
|
Jumlah Skor
|
1
|
Baik Sekali/Selalu
|
76-100
|
2
|
Baik / Sering
|
51-75
|
3
|
Cukup/Kadang-kadang
|
26-50
|
4
|
Cukup/Tidak pernah
|
0-25
|
Penskoran
: Nilai = Jumlah skor Jawaban
5
Siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai
dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan
tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan
indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching),
selanjutnya guru melakukan penilaian
kembali dengan indikator soal yang sejenis.
Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa
dan guru.
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar
dan paraf. Cara lainnya dapat
juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi
tentang nilai pengetahuan dan sikap prilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Mengetahui
Kepala
Madrasah
ELY
UTHFIYAH,S.Ag
NIP
:196710052000032005
|
Slarang
Kidul, 18 Juli 2016
Guru
Bidang Studi
ARIF
YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP
: 197510152005011002
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
TAHUN PELAJARAN
2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Smt : IX/I
Materi : Membaca (القراءة)
جمال المناظر الطبيعة
Pertemuan Ke :
...
Alokasi Waktu : ................. (tema per bab)
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati prilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.
Menunjukkan prilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
prilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.1.
Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang berkaitan dengan tema
جمال المناظر الطبيعة
3.2.
Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata,
frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema
جمال المناظر الطبيعة
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menkomunikasikan tentang
topik: …
siswa dapat membaca teks
qira’ah dan menjawab beberapa pertanyaan tentang isi kandungannya dan
mampu mengambil teladan dari kandungan
teks qir’ah serta mempraktikkannya dalam kehidupan.
|
3.2.1
Membaca teks qira’ah tentang
جمال المناظر الطبيعة
dengan makkhraj yang benar
serta lancar.
3.3.1
Menerjemahkan teks qira’ah tentang
جمال المناظر الطبيعة
3.3.2
Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah tentang
جمال المناظر الطبيعة
dengan baik dan benar
3.3.3 Mengambil teladan/nilai-nilai
islamiyyah dari kandungan teks qira’ah serta menerapkannya dalam kehidupan
|
القراءة (membaca) tentang
جمال المناظر الطبيعة
1.
Struktural dan Scientific Method (metode ilmiah)
2.
Tanya Jawab
3.
Contextual Teaching and Learning
1.
Media : Papan
tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2.
Alat/Bahan : Gambar/tulisan Kertas
3.
Sumber Belajar :
Buku paket, kamus
1.
Pendahuluan (10 Menit)
a. Memberi salam dan memulai
pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdo’a bersama.
b. Siswa menyiapkan buku
paket bahasa Arab
c. Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
d. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan
kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti ( 40 Menit)
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa
kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
-
Menyimak
bacaan teks qira’ah
-
Mencermati
isi kandungan teks qira’ah.
b.
Menanya
-
Menanyakan
makna kata (mufradat) baru dalam teks qira’ah.
-
Menanyakan
tentang isi kandungan teks qira’ah.
-
Menanyakan
unsur kebahasaan yang terkandung di teks qira’ah.
c.
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
isi kandungan teks qira’ah.
-
Menganalisis
unsure kebahasaan teks qira’ah .
-
Mengidentifikasi
sifat-sifat terpuji yag terkandung dalam teks qira’ah.
d.
Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan, rumusan dari
isi kandungan teks qira’ah .
e.
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan
isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok
secara lisan
-
Menyampaikan
hasil diskusi tentang teks qira’ah.
3.
Penutup (10 Menit)
a. Guru meminta agar para siswa kembali membaca teks qira’ah sebagai
penutup materi pembelajaran;
b. Guru meminta agar para siswa membiasakan membaca teks qira’ah.
c. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut
dengan membaca hamdalah/doa;
d. Guru mengucapkan salam kepada para siswa
sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Tugas Terstruktur (20
menit)
1. Membaca teks qira’ah
2. Menerjemahkan isi teks
qira’ah yang dibaca
3. Menjawab soal tentang teks
qiraah yang dibaca
Tugas Tidak Terstruktur
Membiasakan membaca alqur’an dengan baik dan
benar.
1. Penilaian Performansi (Tes
Lisan dan Non Tes)
2. Penilaian sikap
a. Penilaian
Performansi
(Membaca dan menerjemahkan teks
qira’ah serta menjawab beebrapa soal yang sesuai dengan isinya)
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan Makhroj
|
1 – 4
|
a. Makhraj
pelafalan ungkapan sudah sesuai dan tepat
|
4
|
|
b. Makhraj pelafalan ungkapan cukup sesuai dan
cukup tepat
|
3
|
|
c. Makhraj pelafalan ungkapan kurang sesuai dan
kurang tepat
|
2
|
|
d. Makhrj pelafalan ungkapan tidak sesuai dan tidak tepat
|
1
|
|
2
|
Kelancaran
|
1 – 4
|
Sangat lancar
|
4
|
|
Lancar
|
3
|
|
Cukup
lancar
|
2
|
|
Tidak lancar
|
1
|
|
3
|
Ketepatan
terjemah
|
1 – 4
|
a. Terjemahan sangat tepat
|
4
|
|
b. Terjemahan cukup
tepat
|
3
|
|
c. Terjemahan kurang tepat
|
2
|
|
d. Terjemahan
tidak tepat
|
1
|
|
4
|
Ketepatan Jawaban dan Pelafalan
|
1 – 4
|
a. Jawaban dan pelafalannya sudah sesuai dan tepat
|
4
|
|
b. Jawaban dan pelafalannya cukup sesuai dan cukup tepat
|
3
|
|
c. Jawaban dan pelafalannya kurang sesuai dan kurang tepat
|
2
|
|
d. Jawaban dan pelafalannya tidak sesuai dan tidak tepat
|
1
|
|
Skor Maksimal
|
16
|
Pedoman penskoran :
Nilai Akhir = Jumlah Nilai Perolehan X 100 = ................. X 100 = ..........
Jumlah
Skor Maksimal 16
Non
Tes/Tugas
(membiasakan membaca alqur’an dengan baik dan benar)
b. Penilaian sikap (observasi)
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Pilihan Jawaban
|
SKOR
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
|||
1
|
Antusiasme dalam belajar
|
|||||
2
|
Bertanggung jawab/peduli
|
|||||
3
|
Percaya diri dalam berinteraksi
|
|||||
4
|
Menghargai orang
lain
|
|||||
5
|
Santun
|
|||||
Jumlah
|
Rentang Skor Sikap
No
|
Keterangan
|
Jumlah
Skor
|
1
|
Baik Sekali/Selalu
|
76-100
|
2
|
Baik / Sering
|
51-75
|
3
|
Cukup/Kadang-kadang
|
26-50
|
4
|
Cukup/Tidak pernah
|
0-25
|
Penskoran
: Nilai = Jumlah skor Jawaban
5
Siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai
dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan
tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan
indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching),
selanjutnya guru melakukan penilaian
kembali dengan indikator soal yang sejenis.
Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa
dan guru.
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar
dan paraf. Cara lainnya dapat
juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang
nilai pengetahuan dan sikap prilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Hj.
ELY UTHFIYAH,S.Ag
NIP
:196710052000032005
|
Slarang
Kidul, 18 Juli 2016
Guru
Bidang Studi
ARIF
YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP
: 197510152005011002
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Smt : IX/I
Materi : Menulis (الكتابة) tentang:
جمال المناظر الطبيعة
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : ........................ (tema per bab)
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati prilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan
bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.
Menunjukkan prilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
prilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.4.
Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang
5.
جمال المناظر الطبيعة
5.1.
Menyusun teks sederhana tentang
جمال المناظر الطبيعة
dengan memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menkomunikasikan tentang
topik:
جمال المناظر الطبيعة
siswa dapat melengkapi kalimat dengan
ungkapan yang benar dan menyusun
kata-kata acak menjadi kalimat sempurna
|
4.4.1
Melengkapi kalimat bahasa Arab
dengan kata dan ungkapan yang tepat.
4.4.2
Menyusun kalimat acak menjadi suatu paragraf yang benar
4.5.1
Menulis kalimat sederhana tentang materi
جمال المناظر الطبيعة
yang mengandung struktur kalimat
اسم مَوْصُوْل
|
الكتابة (menulis) tentang :
جمال المناظر الطبيعة
1.
Struktural dan Scientific Method (metode ilmiah)
2.
Cooperative Learning
1.
Media : Papan
tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2.
Alat/Bahan :
3.
Sumber Belajar :
Buku paket, kamus
1. Pendahuluan
( 10 menit )
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa, kemudian berdo’a bersama.
|
Siswa menjawab ucapan salam, kemudian berdo’a bersama.
|
Rasa
hormat, religius
|
Guru mengabsen siswa
|
Siswa menjawab dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
|
Jujur
|
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan.
|
Siswa memperhatikan dengan seksama.
|
Rasa ingin
tahu, Kritis
|
2.
Kegiatan Inti (Waktu 40 menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
Membagi kelompok siswa, tiap kelompok terdiri dari 4
orang
|
Mendengarkan guru tentang pembagian kelompok
|
Tanggung Jawab
|
Mengarahkan siswa untuk berkumpul dengan kelompoknya
|
Berkumpul dengan kelompoknya
|
Mandiri
|
Memberi instruksi tentang tugas kelompok dan
mengawasi kerja kelompok siswa
|
Mengamati instruksi yang diberikan guru dan menanya
hal-hal yang kurang jelas tentang tugas kelompok yang diberikan guru
|
Kerja Keras dan Kreatif
|
Memberikan tugas
kelompok
|
Secara berkelompok, masing-masing
mengamati teks tulis sebagai bahan
diskusi
|
Rasa Ingin Tahu
|
Memberikan tugas
kelompok
|
Secara berkelompok, masing-masing
berdiskusi tentang materi yang menjadi
tugasnya (penggalian data)
|
Kerja Keras dan
bekerja sama
|
Membimbing siswa
dalam menyelesaikan tugas kelompoknya
tentang menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana yang telah dipelajari.
|
Secara berkelompok,
menemukan konsep dalam menyelesaikan tugasnya (menalar)
|
Kreatif
|
Meminta setiap kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
|
Secara bekelompok,
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (mengkomunikasikan)
|
Toleransi
|
Meminta setiap
kelompok untuk mengkritisi hasil kerja kelompok lain
|
Secara bergantian,
mengkritisi hasil kerja kelompok lain
|
Kreatif dan Rasa
ingin tahu
|
3.
Penutup (Waktu 10 menit) :
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
Menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
|
Mendengarkan kesimpulan dari guru
|
Kerja Keras
|
Memberikan
pertanyaan / soal latihan tentang materi
yang sudah dipelajari
|
Menjawab pertanyaan
guru tentang materi
yang sudah dipelajari
|
Tanggung Jawab
|
Menjelaskan dan
meluruskan
konsep jika ada yang kurang tepat
|
Mendengarkan
penjelasan dari guru
|
Tanggung Jawab
|
Merefleksi proses pembelajaran yang telah
berlangsung, bersama siswa, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan
dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Mengungkapkan refleksi proses pembelajaran: kelemahan dan kelebihan, perasaan dan
kesulitan yang dihadapi dalam memahami materi
|
Kreatif
|
Memberikan motivasi
kepada siswa agar lebih memahami materi yang dipelajari
|
Memperhatikan dengan khidmat
|
Taat dan hormat
|
Menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah, do’a dan
salam
|
Berdo’a bersama menjawab salam
|
Religius
|
Tugas Terstruktur (20)
1.
Melengkapi kalimat yang belum sempurna sehingga
menjadi kalimat yang benar dan dapat dipahami.
2. Menyusun
kalimat acak, sehingga menjadi paragraf yang benar dan dapat dipahami
3.
Menyusun kalimat sederhana yang mengandung
struktur kalimat tentang
اسم مَوْصُوْل
Tugas Tidak Terstruktur
Menulis 5
ayat alqur’an atau dari sumber lain yang mengandung struktur kalimat tentang
المبتدأ
(ضمائر مفردة ؛إشارة
مفردة) + الخبر (الصفة والجهات) ؛ الضمائر المفردة
المتصلة.
1.
Buku
Paket
2.
Kamus
3.
Papan tulis
4.
Microsoft
Power Point
5.
LCD
6.
Laptop
1.
Teknik :
Tes dan Non tes
2. Bentuk : Tertulis dan Observasi
3. Instrumen :
a. Penilaian
Performansi
(Melengkapi kalimat yang belum
lengkap, menyusun kata acak dan menulis kalimat sederhana sesuai struktur
yang diprogramkan)
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan melengkapi
kalimat dengan kata/ungkapan
|
1 – 4
|
a. Sesuai dan tepat
|
4
|
|
b. cukup sesuai dan cukup tepat
|
3
|
|
c. Kurang sesuai dan kurang tepat
|
2
|
|
d. Tidak sesuai dan tidak tepat
|
1
|
|
2
|
Menyusun Kalimat
|
1 – 4
|
Tepat
|
4
|
|
Cukup
tepat
|
3
|
|
Kurang
tepat
|
2
|
|
Tidak tepat
|
1
|
|
3
|
Menulis kalimat sesuai dengan struktur
|
1 – 4
|
a. Tepat dan sesuai strukur
|
4
|
|
b. Cukup tepat dan sesuai struktur
|
3
|
|
c. Kurang tepat dan tidak sesuai struktur
|
2
|
|
d. Tidak tepat dan tidak sesuai
struktur
|
1
|
|
Skor
Maksimal
|
1
|
Pedoman penskoran :
Nilai Akhir = Jumlah Nilai Perolehan X 100 = ................. X 100 = ..........
Jumlah Skor Maksimal 12
Non Tes
Tugas
(menulis 5 ayat alqur’an atau sumber lainnya yang mengandung struktur kalimat
yang diprogramkan)
b. Penilaian sikap (observasi)
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Pilihan Jawaban
|
SKOR
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
|||
1
|
Antusiasme dalam belajar
|
|||||
2
|
Bertanggung jawab/peduli
|
|||||
3
|
Percaya diri dalam berinteraksi
|
|||||
4
|
Menghargai orang
lain
|
|||||
5
|
Santun
|
|||||
JUMLAH
|
Rentang Skor Sikap
No
|
Keterangan
|
Jumlah Skor
|
1
|
Baik Sekali/Selalu
|
76-100
|
2
|
Baik / Sering
|
51-75
|
3
|
Cukup/Kadang-kadang
|
26-50
|
4
|
Cukup/Tidak pernah
|
0-25
|
Penskoran : Nilai = Jumlah
skor Jawaban
5
Siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai
dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan
tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan
indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching,)
selanjutnya guru melakukan penilaian
kembali dengan indikator soal yang sejenis.
Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa
dan guru
.
Guru meminta siswa memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar
dan paraf. Cara lainnya dapat
juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi
tentang nilai pengetahuan dan sikap prilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Hj.
ELY UTHFIYAH,S.Ag
NIP
:196710052000032005
|
Slarang
Kidul, 18 Juli 2016
Guru
Bidang Studi
ARIF
YAKUN,S.Ag.M.SI
NIP :
197510152005011002
|
Komentar
Posting Komentar