Buku kerja ! kls 9
BUKU KERJA I
1.SKL
2.SILABUS
3.RPP
4.KBM
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI
(KI)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB
KELAS IX
SKL
|
KI
|
KD
|
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman,
berakhlak mulia, berilmu, percaya diri dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi sosial secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1.1
Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2
Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3
Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2
Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khasanah keislaman
|
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan factual, konseptual dan procedural dalam
ilmu pengetahuan,teknologi, seni dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata
|
3
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik رأس السنة
الهجريّة baik secara lisan
maupun tertulis
3.2
Memahami
bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik الحفل بمولد
الرسول baik secara lisan maupun tertulis
3.3
Memahami
bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik نزول القرآن
baik secara lisan maupun tertulis
3.4
Memahami
bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik العيدان
baik secara lisan maupun tertulis
|
Ketrampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sejenis
|
4
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema رأس السنة
الهجريّة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
4.2
Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema الحفل بمولد
الرسول dengan memperhatikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3
Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema نزول القرآن dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks sederhana secara tepat
4.4
Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema العيدان dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
Tarkib :
|
1.
تصريف
الفعل الماضي
2.
كان إسم كان وخبره
3.
لا الناهية، لم النفى + الفعل المضارع
4.
المجرّد والمزيد من الثلاثي
|
Slarang Kidul 15
Juli 2019
Mengetahui
Kepala Madrasah
Guru Mapel
Ely Uthfiyah.S.Ag Arif
YakunS.Ag,M.SI
NIP.196710052000032005 NIP.197410152005011002
KRITERIA
KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM)
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Madrasah : MTs Salafiyah Kelas :
IX (embilan)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Semester :
I (Satu)
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
KRITERIA
PENETAPAN KBM
|
KBM
|
||||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake Siswa
|
Indikator
|
KD
|
KI
|
||||
1
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik رأس السنة
الهجريّة baik secara lisan
maupun tertulis
|
3.1.1
Menunjukkan
kata, frase dan
kalimat
dalam wacana lisan/
tulisan
tentang tema
رأس السنة الهجريّة
3.1.2
Menemukan makna kata, frase atau kalimat dalam teks tentang
tema kata, frase atau kalimat dalam teks tentang tema رأس السنة الهجريّة
3.1.3
Menyimpulkan isi wacana
tentang tema رأس السنة الهجريّة
3.1.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau
kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
yang diperdengarkan
|
2
2
2
2
|
3
3
2
2
|
2
2
2
2
|
7.8
7,8
6,7
6,7
|
7,2
|
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana tentang tema
رأس السنة
الهجريّة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
4.1.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.3
Melafalkan wacana tentang tema رأس السنة
الهجريّة
4.1.4
Membuat tulisan sederhana dengan struktur tashrif fi’il madli
|
2
2
2
2
|
3
2
3
2
|
2
2
2
2
|
7,8
6.7
7,8
6,7
|
7,2
|
||
2
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.2
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik الحفل بمولد
الرسول baik secara lisan maupun tertulis
|
3.2.1
Menunjukkan
kata, frase dan
kalimat
dalam wacana lisan/
tulisan
tentang tema
الحفل بمولد الرسول
3.2.2
Menemukan makna kata, frase atau kalimat dalam teks tentang tema الحفل بمولد الرسول
3.2.3
Menyimpulkan isi wacana
tentang tema الحفل بمولد الرسول
3.2.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau
kalimat tentang tema الحفل بمولد الرسول
yang diperdengarkan
|
2
2
2
2
|
2
3
2
2
|
2
2
2
2
|
6.7
7,8
6,7
6,7
|
7,0
|
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori
|
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan
sederhana
tentang tema الحفل بمولد الرسول
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
4.2.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema
الحفل بمولد
الرسول
4.2.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema الحفل بمولد الرسول
4.2.3
Melafalkan wacana tentang tema الحفل
بمولد الرسول
4.2.4
Membuat tulisan sederhana dengan struktur
كان + اسم كان وخبر كان
|
2
3
2
2
|
3
2
2
2
|
2
2
2
2
|
7,8
7.8
6.7
6,7
|
7,2
|
||
3
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.3
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik نزول القرآن
baik secara lisan maupun tertulis
|
3.3.1
Menunjukkan kata. frase dan kalimat dalam teks tentang
tema نزول القرآن
3.3.2
Menemukan makna kata, frase
atau kalimat dalam teks tentang tema نزول القرآن
3.3.3
Menyimpulkan isi
wacana tentang tema نزول القرآن
3.3.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau
kalimat tentang tema نزول القرآن yang
diperdengarkan
3.3.5
Menentukan struktur kalimat + الفعل المضارع لا الناهية/لم النفي
|
3
2
2
2
2
|
\
2
3
2
2
2
|
2
2
2
2
2
|
7.8
7,8
6,7
6,7
6,7
|
7,1
|
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
4.3
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana
tentang tema نزول القرآن
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
4.3.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema
نزول القرآن
4.3.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema نزول القرآن
4.3.3
Melafalkan wacana tentang tema نزول القرآن
4.3.4
Menyusun kata,frase/kalimat tentang tema نزول القرآن
4.3.5
Membuat tulisan sederhana dengan struktur
+ الفعل المضارع لا الناهية/لم النفي
|
2
2
2
2
2
|
3
3
2
2
2
|
2
2
2
2
2
|
7,8
7.8
6,7
6,7
6,7
|
7,1
|
||
4
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.4
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat
bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik العيدان
baik secara lisan maupun tertulis
|
3.4.1
Menunjukkan kata, frase dan kalimat dalam teks tentang
tema العيدان
3.4.2
Menemukan makna kata, frase
atau kalimat dalam teks tentang tema العيدان
3.4.3
Menyimpulkan isi
wacana tentang tema العيدان
3.4.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau
kalimat tentang tema العيدان yang diperdengarkan
3.4.5
Menentukan struktur kalimat المجرّد
والمزيد من الثلاثي
|
3
2
2
2
2
|
2
3
2
2
2
|
2
2
2
2
2
|
7.8
7,8
6,7
6,7
6,7
|
7,1
|
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori
|
4.4
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana
tentang tema العيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.4.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema العيدان
4.4.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema العيدان
4.4.3
Melafalkan wacana tentang tema العيدان
4.4.4
Menyusun kata,frase/kalimat tentang tema العيدان
4.4.5
Membuat tulisan sederhana dengan struktur
|
2
3
2
2
2
|
3
2
2
2
2
|
2
2
2
2
2
|
7,8
7.8
6,7
6,7
6,7
|
7,1
|
||
RATA-RATA
KKM
|
7,1
|
Slarang
Kidul 15
Juli 2019
Mengetahui
Kepala Madrasah
Guru Mapel
Ely Uthfiyah.S.Ag Arif Yakun. S.Ag,M.SI
NIP.196710052000032005 NIP.197410152005011002
SILABUS PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan : Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : IX (sembilan)
Semester : Satu / Ganjil
Kompetensi Inti :
KI
1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI
3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut
pandang/teori
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1.1 Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
·
Pembiasaan peserta
didik untuk jujur dan percaya diri
|
·
Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·
Guru memotivasi
peserta didik untuk jujur dan percaya diri
Mengamati
·
Mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan
·
Menirukan pelafalan
kata, frasa dan kalimat bahasa
Arab yang diperdengarkan
·
Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan
menirukan pelafalan dan intonasinya.
· Memperhatikanstruktur kalimat-kalimat yang mengandungتصريف الفعل الماضي
dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
Menanya
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Melakukan dialog (hiwar) sesuai
konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak
pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·
Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan sesuai struktur kalimat yang dipelajari
·
Melafalkan materi
tentang topik yang diperdengarkan sesuai model ucapan
guru/kaset/film
· Menunjukkan
gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang
diperdengarkan.
· Mencari dari
berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat dalam isi teks lisan
sesuai konteks.
·
Melafalkan kata/frase/ kalimat yang
mengandung struktur kalimat تصريف الفعل الماضي
· Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
· Merangkaikan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai dengan kaidah.
· Menentukan struktur kalimat tentang تصريف الفعل
الماضي
·
Mencoba mengungkapkan dan memahami kata/frase/kalimat yang terdapat dari buku teks, majalah,
maupun internet sesuai dengan kaidah..
· Menemukan makna
kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
· Menyimpulkan isi
wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
· Mencari informasi
umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan makna
kata dalam teks
·
Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
· Memperagakan
sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
· Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
· Menjelaskan isi
wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·
Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi
kalimat
·
Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik yang menggunakan Tashrif Fi’il Madli
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar
teman
·
Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit)
|
·
Buku paket kemenag
kelas IX semester 1 Kurma 13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda
dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·
Gambar-gambar yang
sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
|
· Pemberian motivasi
peserta didik untuk jujur
dan percaya diri
|
||||
3.1 Memahami
bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik رأس السنة
الهجريّة baik secara lisan
maupun tertulis
|
· Bacaan tentang
topik
رأس السنة الهجرية
· Pengenalan tarkib
تصريف الفعل الماضي
|
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
|||
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Praktek
·
Proyek
·
Unjuk Kerja
·
Portofolio
|
||||
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa Arab
|
· Pemberian motifasi
untuk berbicara bahasa Arab
|
· Guru memotifasi
untuk berbicara bahasa Arab
· Guru menanamkan
sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.
· Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana
sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
· Mencocokkan gambar
dengan kosa kata / mufrodat yang didengar.
· Mengamati teks
yangberkaitan denganكان و اسمها و خبرها المفرد
· Melakukan tanya
jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
· Menjawab
pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Menjawab
pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
· Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada
teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
· Melafalkan kalimat
yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
· Merangkaikan kata
menjadi kalimat sesuai dengan kaidah
· Menyusun kata, dan
kalimat sederhana sesuai kaidah .
· Mencoba
mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
· Menemukan makna
kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
· Menyimpulkan isi
wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
· Mencari informasi
umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan makna
kata dalam teks
· Menghafal kosa
kata baru sesuai tema/topik
· Menyimpulkan isi
wacana lisan maupun tulisan.
· Mengungkapkan kalimat yang berkaitan dengan kaidah كان و اسمها و خبرها المفرد
· Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
· Menyusun karangan
sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
· Menyampaikan isi
wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
|
·
Pengamatan
·
Penilaiandiri
·
Penilaianantarteman
·
Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag
kelas IX semester I Kurma 13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan
peserta didik yang terjangkau
·
Gambar-gambar yang
sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
|
· Penanaman sikap
rajin, disiplin, dan tanggung jawab
|
||||
3.2 Memahami
lafal bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai
dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
الحفل بمولد الرسول
baik secara lisan
maupun tertulis
|
· Bacaan tentang
topik
الحفل
بمولد الرسول
· Pengenalan tarkib
كان
و اسمها و خبرها المفرد
|
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
|||
4.2 Menunjukkan contoh
ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang الحفل
بمولد الرسول dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Praktek
·
Proyek
·
Unjuk Kerja
·
Portofolio
|
||||
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman
|
·
Pembiasaan sikap amanah
|
·
Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
· Guru memotivasi untuk berbicara
menggunakan bahasa arab
· Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana
sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
· Mencocokkan gambar
dengan apa yang didengar.
· Mengamati teks
yang berkaitan dengan لا الناهية, لم +
الفعل المضارع
· Melakukan tanya
jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
· Menjawab
pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Menjawab
pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
· Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada
teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
· Melafalkan kalimat
sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
· Melafalkan kalimat
sesuai dengan yang diperdengarkan.
· Menghafal kosa
kata baru sesuai tema/topik
· Mencoba
mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
· Menemukan makna
kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
· Menyimpulkan isi
wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
· Mencari informasi
umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan makna
kata dalam teks
· Menyimpulkan isi wacana
lisan maupun tulisan.
· Mengungkapkan kalimat larangan dan kalimat yang bemakna “belum”
· Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
· Menyusun karangan
sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
· Menyampaikan isi
wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaianantarteman
·
Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag
kelas IX semester 1 Kurma 13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda
dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·
Gambar-gambar yang
sesuai tema / topik
·
CD/VCD/internet
|
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
· Penanaman
kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
|
||||
3.3 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
نزول القرآن
baik secara lisan
maupun tertulis
|
· Bacaan tentang
topik
نزول
القرآن
· Pengenalan tarkib
لا
الناهية, لم + الفعل المضارع
|
·
Tes tulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
|||
4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
نزول القرآن
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Praktek
·
Proyek
·
Unjuk Kerja
·
Portofolio
|
||||
1.4 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah
keislaman
|
· Pembiasaan sikap
amanah
|
· Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
· Guru memotivasi untuk
berbicara menggunakan bahasa arab
· Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana
sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
· Mencocokkan gambar
dengan apa yang didengar.
· Mengamati teks yang terdapat di dalamnya
المجرد
و المزيد من الفعل الثلاثي
· Melakukan tanya
jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
· Menjawab
pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Menjawab
pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
· Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada
teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
· Melafalkan kalimat
sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
· Menghafal kosa
kata baru sesuai tema/topik
· Mencoba
mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
· Menemukan makna
kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
· Menyimpulkan isi
wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
· Mencari informasi
umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan makna
kata dalam teks
· Menyimpulkan isi
wacana lisan maupun tulisan.
· Mengungkapkan
perintah dan berita
· Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
· Menyusun karangan
sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
· Menyampaikan isi
wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
|
· Pengamatan
· Penilaian diri
· Penilaian antar
teman
· Jurnal
|
3 JTM
(6X40 menit
|
·
Buku paket kemenag kelas IX semester
1 Kurma 13.
·
Kamus bahasa arab
·
Benda-benda dilingkungan peserta didik
yang terjangkau
·
Gambar-gambar yang sesuai tema / topic
·
CD/VCD/internet
|
2.4 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
|
· Penanaman
kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
|
||||
3.4 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
العيدين
baik secara lisan
maupun tertulis
|
· Bacaan tentang
topik
العيدين
· Pengenalan tarkib
المجرد
و المزيد من الفعل الثلاثي
|
· Tes tulis
· Tes lisan
· Penugasan
|
|||
4.4 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
العيدين
denganmemperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
· Praktek
· Proyek
· Unjuk Kerja
· Portofolio
|
Slarang
Kidul 15
Juli 2019
Mengetahui
Kepala Madrasah
Guru Mapel
Ely Uthfiyah.S.Ag Arif Yakun.
S.Ag,M.SI
NIP.196710052000032005 NIP.197410152005011002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
IX / I ( Satu )
Materi : -
Wacana lisan/ tertulis tentang رأس السنة
الهجريّة
-
Tarkib
tentang تصريف الفعل الماضي
Alokasi waktu : 12 jp ( 3 x 4
pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannnya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Memahami
bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
رأس السنة الهجريّة baik secara lisan maupun tertulis
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana
tentang topik
رأس السنة الهجريّة dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
C.
TUJUAN DAN INDIKATOR
PEMBELAJARAN
1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan tema
tentang رأس السنة الهجريّة siswa dapat memahami
bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab serta
mendemonstrasikan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema رأس السنة الهجريّة
2.
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
3.1.1 Menunjukkan kata, frase dan kalimat
dalam wacana lisan/tulis tentang
tema رأس
السنة الهجريّة
3.1.2
Menemukan makna kata, frase atau kalimat
dalam teks tentang tema
رأس السنة الهجريّة
3.1.3
Menyimpulkan isi wacana
tentang tema رأس السنة الهجريّة
3.1.4
Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan
bunyi kata, frase atau
kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة yang diperdengarkan
4.1.1 Memperagakan dialog (hiwar) tentang
tema رأس السنة الهجريّة
4.1.2 Melafalkan kata/frase/kalimat tentang
tema رأس السنة الهجريّة
4.1.3 Melafalkan wacana tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.4 Membuat tulisan sederhana dengan
tashrif fi’il madli
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan
pertama :
a.
Wacana
lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.
Mufrodat
tentang tahun baru hijriyyah
c.
Tashrif
fi’il madli
d.
Dlomir
munfashil
2.
Pertemuan
kedua
a.
Wacana
lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.
Mufrodat
tentang tahun baru hijriyyah
c.
Tashrif fi’il madli
d.
Dlomir
muttashil
3.
Pertemuan
ketiga
a.
Wacana
lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.
Mufrodat
tentang tahun baru hijriyyah
c.
Tashrif
fi’il madli
4.
Pertemuan
keempat
a.
Wacana
lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.
Mufrodat
tentang tahun baru hijriyyah
c.
Tashrif
fi’il madli
d.
Tarkib
jumlah fi’liyyah dengan fi’il madli
e.
Keterangan
fi’il madli
E.
PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan
Pembelajaran : Scientific
2.
Model
Pembelajaran : Sam’iyah Syafawiyah
3.
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, Mim-Mem method, Demonstrasi
F.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan pertama
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
|
a.
Guru masuk ke
kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a belajar
b.
Guru
melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan
bahasa arab
c.
Guru
mengabsen siswa
d.
Guru
mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.
Guru
menyampaikan garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta
evaluasi setelah selesai pembelajaran
Mengamati ( observing )
a.
Menyimak
wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset
b.
Mengamati
wacana yang terdapat tashrif fi’il madli
Menanya ( questioning )
a.
Membuat
pertanyaan
sederhana
tentang tema/topik
رأس السنة الهجريّة
b.
Menanya
materi yang belum dipahami
Mencoba ( experimenting )
Mendemonstrasikan
dialog (hiwar) tentang رأس السنة
الهجريّة
bersama
temannya
Menalar ( Associating )
Membandingkan
tashrif fi’il madli dengan dlomir munfashil dan dlomir muttashil
Mengkomunikasi (communicating)
Melakukan
tanya jawab tentang materi رأس السنة الهجريّة
a.
Guru meminta
siswa mengulangi pengucapan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
b.
Guru dan
siswa melakukan tanya jawab materi yang sudah dipelajari
c.
Guru
menugaskan siswa untuk mendemontrasikan dialog (hiwar) tentang رأس السنة الهجريّة
d.
Guru menginformasikan
pelajaran selanjutnya
e.
Guru menutup
pelajaran denga
|
10
menit
100
menit
10
menit
|
2.
Pertemuan kedua
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
|
a.
Guru masuk ke
kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a
belajar
b.
Guru
melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan
bahasa arab
c.
Guru
mengabsen siswa
d.
Guru
mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.
Guru
menyampaikan garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta
evaluasi setelah selesai pembelajaran
Mengamati ( observing )
Mengamati
pengucapan kata, frase dan kalimat yang
dilafalkan guru
Menanya ( questioning )
Menanyakan
makna kata, frase atau kalimat tentang tema/topik
رأس السنة الهجريّة yang belum diketahui
Mencoba ( experimenting )
a.
Menemukan
makna kata dalam teks wacana tentang رأس
السنة الهجريّة
b.
Melafalkan
kalimat sesuai ucapan yang diperdengarkan
Menalar( Associating )
Membedakan
pelafalan fi’il madli untuk mudzakkar dan muannats
Mengkomunikasi (communicating)
Menghafal
kosa kata tentang رأس السنة الهجريّة
a.
Guru meminta
siswa mengulangi pengucapan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
b.
Guru meminta
siswa mengartikan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
c.
Guru
menugaskan siswa untuk menghafalkan kosa kata tentang رأس السنة الهجريّة
d.
Guru
menginformasikan pelajaran selanjutnya
e.
Guru menutup
pelajaran dengan do’a
|
10
menit
100
menit
10
menit
|
3.
pertemuan ketiga
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
|
a.
Guru masuk ke
kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a
belajar
b.
Guru
melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan
bahasa arab
c.
Guru
mengabsen siswa
d.
Guru
mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.
Guru menyampaikan
garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta
evaluasi setelah selesai pembelajaran
Mengamati ( observing )
Menyimak
wacana yang diperdengarkan melalui pelafalan guru/kaset
Menanya ( questioning )
Menjawab
pertanyaan dalam wacana lisan/tertulis tentang tema رأس السنة الهجريّة
Mencoba ( experimenting )
a.
Melafalkan
wacana tentang رأس السنة
الهجريّة dengan baik
b.
Menyimpulkan
isi wacana lisan/tertulis tentang tema
رأس
السنة الهجريّة
Menalar ( Associating )
Menganalisis
isi wacana lisan/tertulis tentang tema
رأس
السنة الهجريّة
Mengkomunikasi (communicating)
Mempresentasikan
teks wacana lisan/tertulis tentang tema
رأس
السنة الهجريّة
a.
Guru meminta
siswa mengulangi pengucapan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
b.
Guru meminta
siswa melafalkan wacana tentang tema رأس السنة
الهجريّة
c.
Guru
menugaskan siswa untuk membaca wacana
tetulis tentang رأس السنة الهجريّة
d.
Guru menginformasikan
pelajaran selanjutnya
e.
Guru menutup
pelajaran dengan do’a
|
10
menit
100
menit
10
menit
|
4.
Pertemua Keempat
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
|
a.
Guru masuk ke
kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a
belajar
b.
Guru
melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan
bahasa arab
c.
Guru
mengabsen siswa
d.
Guru
mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.
Guru
menyampaikan garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan serta
evaluasi setelah selesai pembelajaran
Mengamati ( observing )
a.
Mencocokkan
gambar dengan apa yang didengar
b.
Mengamati jumlah fi’liyyah dengan fi’il
madli pada teks wacana
Menanya ( questioning )
Menanyakan
struktur kalimat yang belum dipahami
Mencoba ( experimenting )
a.
Menyusun
kata menjadi kalimat
sederhana
b.
Mencoba
membuat jumlah fi’liyyah dengan fi’il madli
Menalar ( Associating )
Membedakan
jumlah fi’liyyah dengan jumlah ismiyyah dengan fi’il madli
Mengkomunikasi (communicating)
Membuat
tulisan sederhana dengan struktur jumlah fi’liyyah dengan fi’il madli
a.
Guru meminta
siswa mengulangi pelafalan kalimat dengan struktur jumlah fi’liyyah
b.
Guru
menugaskan siswa untuk membuat tulisan sederhana dengan struktur jumlah
fi’liyyah dengan fi;il madli
c.
Guru
menginformasikan pelajaran selanjutnya
d.
Guru menutup
pelajaran dengan do’a
|
10
menit
100
menit
10
menit
|
G.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media :
Papan tulis, laptop, LCD
2.
Alat :
Gambar/Tulisan kertas
3.
Sumber
:
Buku paket, LKS, Kamus
H.
PENILAIAN
1.
Pengetahuan
(KD 3.1)
a.
Teknik
penilaian :
a.1. Penugasan
a.2 Ulangan harian
b.
Instrumen
penilaian : Soal Pilgand
c.
Soal
: Terlampir
d.
Nilai : Jumlah skor perolehan x 100
Jumlah skor maximal
2.
Ketrampilan
(KD 4.1)
a.
Tes
ketrampilan Hiwar/dialog
a.1 Teknik penilaian :
Praktek
a.2 Instrumen penilaian :
Skala Penilaian
a.3 Teks dialog : Terlampir
a.4 Nilai :
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
||||
Makhraj
|
1- 4
|
|||||
Makhraj sudah tepat
|
4
|
|||||
1
|
Makhraj cukup tepat
|
3
|
||||
Makhraj kurang tepat
|
2
|
|||||
Makhraj tidak tepat
|
1
|
|||||
Pelafalan
|
1- 4
|
|||||
Pelafalan sudah tepat
|
4
|
|||||
2
|
Pelafalan cukup tepat
|
3
|
||||
Pelafalan kurang tepat
|
2
|
|||||
Pelafalan tidak tepat
|
1
|
|||||
Kelancaran
|
1- 4
|
|||||
Sangat lancer
|
4
|
|||||
3
|
Cukup lancer
|
3
|
||||
Kurang lancer
|
2
|
|||||
Tidak lancer
|
1
|
|||||
Skor Maksimal
|
12
|
|||||
Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = .......
x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal 12
|
||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
|
|||
Makhraj
|
Pelafalan
|
Kelancaran
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
b.
Tes
ketrampilan membaca (Qiro’ah)
b.1 Teknik penilaian :
Praktek
b.2 Instrumen penilaian :
Skala Penilaian
b.3 Teks bacaan : Terlampir
b.4 Nilai
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|||
Makhraj
|
1- 4
|
||||
Makhraj sudah tepat
|
4
|
||||
1
|
Makhraj cukup tepat
|
3
|
|||
Makhraj kurang tepat
|
2
|
||||
Makhraj tidak tepat
|
1
|
||||
Pelafalan
|
1- 4
|
||||
Pelafalan sudah tepat
|
4
|
||||
2
|
Pelafalan cukup tepat
|
3
|
|||
Pelafalan kurang tepat
|
2
|
||||
Pelafalan tidak tepat
|
1
|
||||
Kelancaran
|
1- 4
|
||||
Sangat lancer
|
4
|
||||
3
|
Cukup lancer
|
3
|
|||
Kurang lancer
|
2
|
||||
Tidak lancer
|
1
|
||||
Skor Maksimal
|
12
|
||||
Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = .......
x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal 12
|
|||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
|
||
Makhraj
|
Pelafalan
|
Kelancaran
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
c.
Tes
ketrampilan menulis (Kitabah)
c.1 Teknik penilaian :
Praktek
c.2 Instrumen penilaian :
Skala Penilaian
c.3 Soal : Terlampir
c.4 Nilai
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Ketepatan melengkapi
|
1- 4
|
|
Sangat baik
|
4
|
|
1
|
Baik
|
3
|
Cukup baik
|
2
|
|
Kurang baik
|
1
|
|
Ketepatan menterjemahkan
|
1- 4
|
|
Sangat baik
|
4
|
|
2
|
Baik
|
3
|
Cukup baik
|
2
|
|
Kurang baik
|
1
|
|
Ketepatan membuat kalimat
|
1- 4
|
|
Sangat baik
|
4
|
|
3
|
Baik
|
3
|
Cukup baik
|
2
|
|
Kurang baik
|
1
|
|
Ketepatan menyusun kata acak
|
1-4
|
|
Sangat baik
|
4
|
|
4
|
Baik
|
3
|
Cukup baik
|
2
|
|
Kurang baik
|
1
|
|
Skor Maksimal
|
16
|
|
Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = .......
x 100 = ........
Jumlah Skor Maksimal 16
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total
|
|||
Ketepatan
melengkapi kalimat
|
Ketepatan
terjemah
|
Ketepatan
membuat kalimat
|
Ketepatan menyusun kata acak
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Slarang
Kidul 15
Juli 2019
Mengetahui
Kepala Madrasah
Guru Mapel
Ely Uthfiyah.S.Ag Arif Yakun.
S.Ag,M.SI
NIP.196710052000032005 NIP.197410152005011002
Komentar
Posting Komentar