Buku kerja ! kls 9


BUKU KERJA I



1.SKL
2.SILABUS
3.RPP
4.KBM






























STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI  (KI)
      DAN KOMPETENSI DASAR (KD)   
MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
KELAS IX

SKL
KI
KD
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi sosial  secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya





















2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.1  Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.2  Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
1.3  Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman










2.1  Menunjukkan perilaku  jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2  Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khasanah keislaman
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan factual, konseptual dan procedural dalam ilmu pengetahuan,teknologi, seni dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
3        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1  Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    رأس السنة الهجريّة  baik secara lisan maupun tertulis
3.2  Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    الحفل بمولد الرسول baik secara lisan maupun tertulis
3.3  Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    نزول القرآن baik secara lisan maupun tertulis
3.4  Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    العيدان baik secara lisan maupun tertulis

Ketrampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sejenis
4        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana       tentang tema       رأس السنة الهجريّة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks
4.2  Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana       tentang tema       الحفل بمولد الرسول dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks
4.3  Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema نزول القرآن dengan     memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks sederhana secara tepat
4.4  Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema العيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks

Tarkib :
1.        تصريف الفعل الماضي
2.      كان إسم كان وخبره
3.      لا الناهية، لم النفى + الفعل المضارع
4.      المجرّد والمزيد من الثلاثي

                                                                                                                                                                 Slarang Kidul  15   Juli 2019
            Mengetahui
            Kepala Madrasah                                                                                Guru Mapel



            Ely Uthfiyah.S.Ag                                                                               Arif YakunS.Ag,M.SI             
NIP.196710052000032005                                                                 NIP.197410152005011002









KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Madrasah                    :  MTs Salafiyah                                              Kelas               :  IX (embilan)
Mata Pelajaran            :  Bahasa Arab                                                 Semester          :  I (Satu)

NO
KI
KD
INDIKATOR
KRITERIA PENETAPAN KBM
KBM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake Siswa
Indikator
KD
KI
1
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    رأس السنة الهجريّة  baik secara lisan maupun tertulis
3.1.1 
Menunjukkan kata, frase dan
kalimat dalam wacana lisan/
tulisan tentang tema
 رأس السنة الهجريّة
3.1.2 
Menemukan makna kata, frase atau kalimat dalam teks  tentang    tema  kata,   frase atau kalimat dalam teks  tentang   tema رأس السنة الهجريّة
3.1.3
Menyimpulkan isi wacana
tentang tema  رأس السنة الهجريّة
3.1.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة yang diperdengarkan


2




2






2


2

3




3






2


2

2




2






2


2

7.8




7,8






6,7


6,7




















7,2






















4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema
رأس السنة الهجريّة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks
4.1.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.3
Melafalkan wacana tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.4
Membuat tulisan sederhana dengan struktur tashrif fi’il madli

2



2



2


2

3



2



3


2

2



2



2


2

7,8



6.7



7,8


6,7



















7,2


2
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.2
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    الحفل بمولد الرسول baik secara lisan maupun tertulis
3.2.1 
Menunjukkan kata, frase dan
kalimat dalam wacana lisan/
tulisan tentang tema
 الحفل بمولد الرسول
3.2.2 
Menemukan makna kata, frase atau kalimat dalam teks  tentang   tema الحفل بمولد الرسول
3.2.3
Menyimpulkan isi wacana
tentang tema الحفل بمولد الرسول
3.2.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau kalimat tentang tema الحفل بمولد الرسول yang diperdengarkan


2




2



2


2

2




3



2


2

2




2



2


2

6.7




7,8



6,7


6,7

















7,0


4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.2 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana
tentang tema الحفل بمولد الرسول
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks
4.2.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema
الحفل بمولد الرسول
4.2.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema الحفل بمولد الرسول
4.2.3
Melafalkan wacana tentang tema الحفل بمولد الرسول
4.2.4
Membuat tulisan sederhana dengan struktur
كان + اسم كان وخبر كان

2



3


2


2

3



2


2


2

2



2


2


2

7,8



7.8


6.7


6,7























7,2

3
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.3
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    نزول القرآن baik secara lisan maupun tertulis





3.3.1
Menunjukkan kata. frase dan kalimat dalam teks  tentang    tema نزول القرآن
3.3.2
Menemukan makna     kata, frase atau kalimat dalam teks  tentang    tema نزول القرآن
3.3.3
Menyimpulkan isi  wacana  tentang tema نزول القرآن
3.3.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau kalimat tentang tema نزول القرآن  yang diperdengarkan

3.3.5
Menentukan struktur kalimat + الفعل المضارع لا الناهية/لم النفي


3



2



2


2






2
\
2



3



2


2






2

2



2



2


2






2

7.8



7,8



6,7


6,7






6,7





















7,1


4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.3
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana
tentang tema نزول القرآن
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks
4.3.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema
نزول القرآن
4.3.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema نزول القرآن
4.3.3
Melafalkan wacana tentang tema نزول القرآن
4.3.4
Menyusun kata,frase/kalimat tentang tema نزول القرآن
4.3.5
Membuat tulisan sederhana dengan struktur
+ الفعل المضارع لا الناهية/لم النفي

2



2


2


2


2

3



3


2


2


2

2



2


2


2


2

7,8



7.8


6,7


6,7


6,7



















7,1

4
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.4
Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    العيدان baik secara lisan maupun tertulis
3.4.1
Menunjukkan kata, frase dan kalimat dalam teks  tentang    tema العيدان
3.4.2
Menemukan makna     kata, frase atau kalimat dalam teks  tentang    tema العيدان
3.4.3
Menyimpulkan isi  wacana  tentang tema العيدان
3.4.4
Menunjukkan gambar/ peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau kalimat tentang    tema العيدان yang diperdengarkan
3.4.5
Menentukan struktur kalimat المجرّد والمزيد من الثلاثي


3



2



2


2





2

2



3



2


2





2

2



2



2


2





2

7.8



7,8



6,7


6,7





6,7




















7,1


4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.4
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana
tentang tema العيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang  benar dan sesuai konteks
4.4.1
Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema العيدان
4.4.2
Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema العيدان
4.4.3
Melafalkan wacana tentang tema العيدان
4.4.4
Menyusun kata,frase/kalimat tentang tema العيدان
4.4.5
Membuat tulisan sederhana dengan struktur


2


3


2


2


2

3


2


2


2


2


2


2


2


2


2


7,8


7.8


6,7


6,7


6,7




















7,1


RATA-RATA KKM

7,1

Slarang Kidul  15   Juli 2019
            Mengetahui
            Kepala Madrasah                                                                                Guru Mapel



            Ely Uthfiyah.S.Ag                                                                               Arif Yakun. S.Ag,M.SI           
NIP.196710052000032005                                                                 NIP.197410152005011002























SILABUS PEMBELAJARAN


SatuanPendidikan                   : Madrasah Tsanawiyah  (MTs)
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas                                                 : IX (sembilan)
Semester                                        :  Satu / Ganjil

Kompetensi Inti  :

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1     Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
·   Pembiasaan peserta didik untuk jujur dan percaya diri
·   Guru membiasakan peserta didik agar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab
·   Guru memotivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri






Mengamati
·   Mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
·   Menirukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan
·   Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·      Memperhatikanstruktur kalimat-kalimat yang mengandungتصريف الفعل الماضي
dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat

Menanya
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·   Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·   Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan sesuai struktur kalimat yang dipelajari
·   Melafalkan materi tentang topik yang diperdengarkan sesuai model ucapan
guru/kaset/film
·   Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·   Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·         Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat تصريف الفعل الماضي
·   Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·   Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai dengan kaidah.
·  Menentukan struktur kalimat tentang تصريف الفعل الماضي
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami  kata/frase/kalimat  yang terdapat dari buku teks, majalah, maupun internet sesuai dengan kaidah..
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.              
·   Memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·   Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik yang menggunakan Tashrif Fi’il Madli

·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaian antar teman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit)
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 1 Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
·   Pemberian motivasi peserta didik untuk jujur dan percaya diri
3.1     Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    رأس السنة الهجريّة  baik secara lisan maupun tertulis


·   Bacaan tentang topik
رأس السنة الهجرية
·   Pengenalan tarkib
تصريف الفعل الماضي

·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan

4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio


1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
·   Pemberian motifasi untuk berbicara bahasa Arab
·   Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab
·   Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan kosa kata / mufrodat yang didengar.
·  Mengamati teks yangberkaitan denganكان و اسمها و خبرها المفرد
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah
·   Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah .
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·   Mengungkapkan kalimat yang berkaitan dengan kaidah كان و اسمها و خبرها المفرد
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaiandiri
·   Penilaianantarteman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester I Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
·   Penanaman sikap rajin, disiplin, dan tanggung jawab
3.2     Memahami lafal bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
الحفل بمولد الرسول
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
الحفل بمولد الرسول
·   Pengenalan tarkib
كان و اسمها و خبرها المفرد

·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan

4.2     Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang  الحفل بمولد الرسول       dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio


1.3     Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
·   Pembiasaan sikap amanah
·   Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·   Guru memotivasi untuk berbicara menggunakan bahasa arab
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·  Mengamati teks yang berkaitan dengan  لا الناهية, لم + الفعل المضارع
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.              
·   Mengungkapkan kalimat larangan dan kalimat yang bemakna “belum”
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaianantarteman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 1  Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topik
·   CD/VCD/internet
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
·   Penanaman kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab
3.3     Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
نزول القرآن
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
نزول القرآن
·   Pengenalan tarkib
لا الناهية, لم + الفعل المضارع


·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan



4.3     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik

نزول القرآن
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio

1.4     Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
·   Pembiasaan sikap amanah
·   Guru memotivasi siswa untuk membiasakan sikap amanah
·   Guru memotivasi untuk berbicara menggunakan bahasa arab
·   Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·   Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·   Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·   Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·  Mengamati teks yang terdapat di dalamnya
المجرد و المزيد من الفعل الثلاثي
·   Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·   Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·   Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·   Menanyakan  kata/kalimat yang belum difahami kepada teman atau guru sesuai tema/topik secara lisan.
·   Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·   Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik
·   Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah yang dipelajari.
·   Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik yang dipelajari
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait topik yang dipelajari
·   Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·   Menemukan makna kata dalam teks
·   Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·   Mengungkapkan perintah dan berita
·   Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·   Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dipelajari.
·   Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik sesuai kaidah yang dipelajari.
·   Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.

·   Pengamatan
·   Penilaian diri
·   Penilaian antar teman
·   Jurnal

3 JTM
(6X40 menit
·   Buku paket kemenag kelas IX semester 1  Kurma 13.
·   Kamus bahasa arab
·   Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
·   Gambar-gambar yang sesuai tema / topic
·   CD/VCD/internet
2.4     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman
·   Penanaman kesadaran untuk bicara dengan menggunakan bahasa Arab

3.4     Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik
 العيدين
 baik secara lisan maupun tertulis

·   Bacaan tentang topik
العيدين
·   Pengenalan tarkib
المجرد و المزيد من الفعل الثلاثي


·   Tes tulis
·   Tes lisan
·   Penugasan



4.4     Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang topik
العيدين
denganmemperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Praktek
·   Proyek
·   Unjuk Kerja
·   Portofolio




Slarang Kidul  15   Juli 2019
            Mengetahui
            Kepala Madrasah                                                                                Guru Mapel



            Ely Uthfiyah.S.Ag                                                                               Arif Yakun. S.Ag,M.SI           
NIP.196710052000032005                                                                 NIP.197410152005011002










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mata Pelajaran            :  Bahasa Arab
Kelas/Semester            :  IX / I ( Satu )
Materi                          :  -   Wacana lisan/ tertulis tentang رأس السنة الهجريّة
-          Tarkib tentang تصريف الفعل الماضي                                                              
Alokasi waktu             :  12 jp ( 3 x 4 pertemuan )

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannnya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1       Memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan topik    رأس السنة الهجريّة  baik secara lisan maupun tertulis
4.1       Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang  topik
            رأس السنة الهجريّة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan     yang
            benar dan sesuai konteks

C.    TUJUAN DAN INDIKATOR  PEMBELAJARAN
1.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan tema tentang رأس السنة الهجريّة siswa dapat memahami bunyi, makna dan gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab serta mendemonstrasikan informasi lisan dan tulisan sederhana tentang tema رأس السنة الهجريّة

2.      INDIKATOR PEMBELAJARAN
3.1.1          Menunjukkan kata, frase dan kalimat dalam wacana lisan/tulis tentang
                  tema رأس السنة الهجريّة                          
3.1.2              Menemukan makna     kata,    frase atau kalimat dalam teks  tentang    tema
      رأس السنة الهجريّة
3.1.3             Menyimpulkan isi  wacana  tentang tema رأس السنة الهجريّة
3.1.4             Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase atau
kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة yang diperdengarkan
4.1.1          Memperagakan dialog (hiwar) tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.2          Melafalkan kata/frase/kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.3          Melafalkan wacana tentang tema رأس السنة الهجريّة
4.1.4          Membuat tulisan sederhana dengan tashrif fi’il madli

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan pertama :
a.       Wacana lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.      Mufrodat tentang tahun baru hijriyyah
c.       Tashrif fi’il madli
d.      Dlomir munfashil
2.      Pertemuan kedua
a.       Wacana lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.      Mufrodat tentang tahun baru hijriyyah
c.        Tashrif fi’il madli
d.      Dlomir muttashil
3.      Pertemuan ketiga
a.       Wacana lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.      Mufrodat tentang tahun baru hijriyyah
c.       Tashrif fi’il madli
4.      Pertemuan keempat
a.       Wacana lisan tentang رأس السنة الهجريّة
b.      Mufrodat tentang tahun baru hijriyyah
c.       Tashrif fi’il madli
d.      Tarkib jumlah fi’liyyah dengan fi’il madli
e.       Keterangan fi’il madli

E.     PENDEKATAN, MODEL  DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan Pembelajaran             :  Scientific
2.      Model Pembelajaran                     :  Sam’iyah Syafawiyah
3.      Metode Pembelajaran                   :  Tanya jawab, Mim-Mem method, Demonstrasi

F.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan pertama

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
























Kegiatan Inti


















Penutup
a.       Guru masuk ke kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a belajar
b.      Guru melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan bahasa arab
c.       Guru mengabsen siswa
d.      Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.      Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses  pembelajaran yang akan dilakukan serta evaluasi setelah selesai pembelajaran 


Mengamati ( observing )
a.       Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset
b.      Mengamati wacana yang terdapat tashrif fi’il madli

Menanya ( questioning )
a.       Membuat pertanyaan
sederhana tentang tema/topik
رأس السنة الهجريّة
b.      Menanya materi yang belum dipahami

Mencoba ( experimenting )
Mendemonstrasikan dialog (hiwar) tentang رأس السنة الهجريّة
bersama temannya

Menalar ( Associating )
Membandingkan tashrif fi’il madli dengan dlomir munfashil dan dlomir muttashil

Mengkomunikasi (communicating)
Melakukan tanya jawab tentang materi رأس السنة الهجريّة

a.       Guru meminta siswa mengulangi pengucapan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
b.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab materi yang sudah dipelajari
c.       Guru menugaskan siswa untuk mendemontrasikan dialog (hiwar) tentang رأس السنة الهجريّة
d.      Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
e.       Guru menutup pelajaran denga

10 menit
























100 menit


















10    menit

2.      Pertemuan kedua

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

















Kegiatan Inti

















Penutup
a.       Guru masuk ke kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a belajar
b.      Guru melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan bahasa arab
c.       Guru mengabsen siswa
d.      Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.      Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses  pembelajaran yang akan dilakukan serta evaluasi setelah selesai pembelajaran 

Mengamati ( observing )
Mengamati  pengucapan kata, frase dan kalimat yang dilafalkan guru

Menanya ( questioning )
Menanyakan makna kata, frase atau kalimat tentang tema/topik
رأس السنة الهجريّة yang belum diketahui

Mencoba ( experimenting )
a.       Menemukan makna kata dalam teks wacana tentang رأس السنة الهجريّة
b.      Melafalkan kalimat sesuai ucapan yang diperdengarkan

Menalar( Associating )
Membedakan pelafalan fi’il madli untuk mudzakkar dan muannats

Mengkomunikasi (communicating)
Menghafal kosa kata tentang رأس السنة الهجريّة

a.       Guru meminta siswa mengulangi pengucapan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
b.      Guru meminta siswa mengartikan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
c.       Guru menugaskan siswa untuk menghafalkan kosa kata tentang رأس السنة الهجريّة
d.      Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
e.       Guru menutup pelajaran dengan do’a

10 menit

















100 menit

















10    menit

3.      pertemuan ketiga

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan




















Kegiatan Inti





















Penutup
a.       Guru masuk ke kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a belajar
b.      Guru melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan bahasa arab
c.       Guru mengabsen siswa
d.      Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.      Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses  pembelajaran yang akan dilakukan serta evaluasi setelah selesai pembelajaran 

Mengamati ( observing )
Menyimak wacana yang diperdengarkan melalui pelafalan guru/kaset

Menanya ( questioning )
Menjawab pertanyaan dalam wacana lisan/tertulis tentang tema رأس السنة الهجريّة

Mencoba ( experimenting )
a.       Melafalkan wacana tentang رأس السنة الهجريّة dengan baik
b.      Menyimpulkan isi wacana lisan/tertulis tentang tema
رأس السنة الهجريّة

Menalar ( Associating )
Menganalisis isi wacana lisan/tertulis tentang tema
رأس السنة الهجريّة

Mengkomunikasi (communicating)
Mempresentasikan teks wacana lisan/tertulis tentang tema
رأس السنة الهجريّة

a.       Guru meminta siswa mengulangi pengucapan kata, frase dan kalimat tentang tema رأس السنة الهجريّة
b.      Guru meminta siswa melafalkan wacana tentang tema رأس السنة الهجريّة
c.       Guru menugaskan siswa untuk membaca wacana  tetulis tentang رأس السنة الهجريّة
d.      Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
e.       Guru menutup pelajaran dengan do’a

10 menit





















100 menit




















10    menit

4.      Pertemua Keempat

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
















Kegiatan Inti























Penutup
a.       Guru masuk ke kelas dan menyuruh ketua kelas untuk memimpin salam penghormatan dan do’a belajar
b.      Guru melakukan tanya jawab tentang tahiyyatus salam dan keadaan siswa dengan bahasa arab
c.       Guru mengabsen siswa
d.      Guru mengkondisikan kesiapan mental siswa dalam belajar
e.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
f.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
g.      Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan penjelasan tentang proses  pembelajaran yang akan dilakukan serta evaluasi setelah selesai pembelajaran 
Mengamati ( observing )
a.       Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar
b.       Mengamati jumlah fi’liyyah dengan fi’il madli pada teks wacana

Menanya ( questioning )
Menanyakan struktur kalimat yang belum dipahami

Mencoba ( experimenting )
a.       Menyusun kata menjadi kalimat
sederhana
b.      Mencoba membuat jumlah fi’liyyah dengan fi’il madli

Menalar ( Associating )
Membedakan jumlah fi’liyyah dengan jumlah ismiyyah dengan fi’il madli

Mengkomunikasi (communicating)
Membuat tulisan sederhana dengan struktur jumlah fi’liyyah dengan fi’il madli

a.       Guru meminta siswa mengulangi pelafalan kalimat dengan struktur jumlah fi’liyyah
b.      Guru menugaskan siswa untuk membuat tulisan sederhana dengan struktur jumlah fi’liyyah dengan fi;il madli
c.       Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
d.      Guru menutup pelajaran dengan do’a

10 menit
















100 menit























10    menit

G.    MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media        :  Papan tulis, laptop, LCD
2.      Alat           :  Gambar/Tulisan kertas
3.      Sumber      :  Buku paket, LKS, Kamus

H.    PENILAIAN
1.      Pengetahuan (KD 3.1)
a.       Teknik penilaian          :
a.1.  Penugasan
a.2    Ulangan harian
b.      Instrumen penilaian     :  Soal Pilgand
c.       Soal                             :  Terlampir
d.      Nilai                            :   Jumlah skor perolehan  x 100
    Jumlah skor maximal
2.      Ketrampilan (KD 4.1)
a.       Tes ketrampilan Hiwar/dialog            
a.1       Teknik penilaian          :   Praktek
a.2       Instrumen penilaian     :   Skala Penilaian
a.3       Teks dialog                  :   Terlampir
a.4       Nilai                            :
No
Aspek yang dinilai
Skor

Makhraj
1- 4

Makhraj sudah tepat
4
1
Makhraj cukup tepat
3

Makhraj kurang tepat
2

Makhraj tidak tepat
1

Pelafalan
1- 4

Pelafalan sudah tepat
4
2
Pelafalan cukup tepat
3

Pelafalan kurang tepat
2

Pelafalan tidak tepat
1

Kelancaran
1- 4

Sangat lancer
4
3
Cukup lancer
3

Kurang lancer
2

Tidak lancer
1

Skor Maksimal
12

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
                        Jumlah Skor Maksimal                12

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Makhraj

Pelafalan
Kelancaran

1





2





3





4





5













b.      Tes ketrampilan membaca (Qiro’ah)
b.1       Teknik penilaian          :   Praktek
b.2       Instrumen penilaian     :   Skala Penilaian
b.3       Teks bacaan                 :   Terlampir
b.4       Nilai
No
Aspek yang dinilai
Skor

Makhraj
1- 4

Makhraj sudah tepat
4
1
Makhraj cukup tepat
3

Makhraj kurang tepat
2

Makhraj tidak tepat
1

Pelafalan
1- 4

Pelafalan sudah tepat
4
2
Pelafalan cukup tepat
3

Pelafalan kurang tepat
2

Pelafalan tidak tepat
1

Kelancaran
1- 4

Sangat lancer
4
3
Cukup lancer
3

Kurang lancer
2

Tidak lancer
1

Skor Maksimal
12



Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
                        Jumlah Skor Maksimal                12



No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Makhraj

Pelafalan
Kelancaran

1





2





3





4





5






c.       Tes ketrampilan menulis (Kitabah)
c.1       Teknik penilaian          :   Praktek
c.2       Instrumen penilaian     :   Skala Penilaian
c.3       Soal                             :   Terlampir
c.4       Nilai
No
Aspek yang dinilai
Skor

Ketepatan melengkapi
1- 4

Sangat baik
4
1
Baik
3

Cukup baik
2

Kurang baik
1

Ketepatan menterjemahkan
1- 4

Sangat baik
4
2
Baik
3

Cukup baik
2

Kurang baik
1

Ketepatan membuat kalimat
1- 4

Sangat baik
4
3
Baik
3

Cukup baik
2

Kurang baik
1

Ketepatan menyusun kata acak
1-4
Sangat baik
4
4
Baik
3

Cukup baik
2

Kurang baik
1

Skor Maksimal
16

Nilai Akhir = Jumlah Skor Perolehan x 100 = ....... x 100 = ........
                        Jumlah Skor Maksimal                16


No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Total
Ketepatan melengkapi kalimat

Ketepatan terjemah

Ketepatan membuat kalimat
Ketepatan menyusun kata acak

1






2






3






4






5






Slarang Kidul   15  Juli 2019
            Mengetahui
            Kepala Madrasah                                                                                Guru Mapel



            Ely Uthfiyah.S.Ag                                                                               Arif Yakun. S.Ag,M.SI           
NIP.196710052000032005                                                                 NIP.197410152005011002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP BAHASA ARAB KELAS 8 SMT GENAP

MODUL BAHASA ARAB KELAS 9 SEMESTER GENAP

SOAL UAS SMT GENAP KLS 8